Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Mendesain Ruang Tamu Sempit Yang Minimalis

Hai Sobat Kosmo. Apakah Sobat sedang mencari inspirasi dalam mendesain sebuah ruang tamu terutama dengan ruang yang sempit? Mimin akan berikan tips-tips cara desain ruang tamu sempit yang minimalis agar terlihat luas.

Agar ruang tamu terasa nyaman tak hanya butuh sebuah kejelian, siasat dan kecerdasan. Ruang tamu yang sempit dan sederhana perlu konsep penataan secara khusus. Karena ruang tamu dapat menunjukan karakter sang empunya rumah.

cara menata ruang tamu sempit

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menata ruang tamu rumah Sobat agar terkesan mewah namun dengan desain sederhana.

Tips Cara Desain Ruang Tamu Sempit Yang Minimalis, Sederhana Dan Tampak Mewah

  • Konsep desain ruang tamu sempit

Pertama-tama yang perlu dipikirkan adalah konsep penataan ruangan untuk menerima tamu itu sendiri.

Gaya desain klasik dan modern adalah adalah gaya desain yang paling umum diterapkan untuk menata ruang tamu. Penerapannya adalah dengan menempatkan jenis benda atau perabot penunjang gaya tersebut.

Fungsi ruang tamu tentunya untuk menerima tamu yang datang. Jadi hindari menjejalkan dekorasi dan furniture yang terlalu besar, seperti rak hiasan yang pasti memakan tempat.

Jika memang harus ada rak untuk menempatkan hiasan sebaiknya gunakan rak minimalis yang bisa ditempel di dinding.

mendesain ruang tamu sempit

Desain jendela dan pintu juga turut mempengaruhi kesan luas dari ruang tamu sempit tersebut. Desain jendela dan pintu yang bisa dibuka dengan lebar akan mendukung konsep penataan ruang yang sempit. Jendela yang besar juga membantu pencahayaan masuk ke dalam ruang tamu.

Warna ruangan gunakan warna yang sifatnya bisa memantulkan cahaya. Untuk lantai sebaiknya gunakan ubin keramik yang berwarna cerah agar memantulkan cahaya yang masuk dan ruangan menjadi lebih terang.

  • Dekorasi, furniture dan pewarnaan ruang tamu

Cat dinding bisa menggunakan warna kuning janur, krem, lime atau merah muda. Untuk amannya gunakan warna putih.

Wallpaper tidak hanya untuk mempercantik ruang tamu namun juga bisa memiliki efek untuk memperluas ruangan.

Apapun motif wallpaper yang Sobat inginkan, entah itu modern atau klasik, pemilihan warna serta motif wallpaper dengan warna yang cerah adalah kuncinya.

Untuk kursi dan meja tamu pilihlah yang sesederhana mungkin, yang penting bisa digunakan duduk dengan tenang dan nyaman oleh tamu-tamu Sobat. Bila perlu carilah meja dan kursi yang multifungsi.

Konsep desain ruang tamu tanpa kursi atau lesehan adalah yang paling tepat jika ruangan tersebut benar-benar sempit. Sobat hanya perlu meja kecil multifungsi dan bantal duduk yang empuk. Dijamin tamu Sobat akan betah berlama-lama mengobrol dengan Sobat.

Pemilihan corak karpet sesuaikan dengan konsep yang ingin Sobat terapkan, apakah modern atau klasik. Sudah pasti kesan luas akan terlihat jika menerapkan konsep ruang tamu sederhana dengan gaya lesehan.

cara menata ruang tamu sempit lesehan

Aksesoris atau hiasan yang tepat dapat mempercantik desain ruang tamu Sobat. Dan di jaman yang sudah serba online dan modern ini, kita bisa dengan mudahnya memilih aksesoris yang cocok dengan berselancar di berbagai olshop yang ada.

Hiasan tersebut bisa sebuah pot kecil dengan tanaman palsu, pernak-pernik yang unik dan lain sebagainya. Aksesoris tersebut bisa di tempatkan di rak yang menempel di dinding sehingga tidak mengurangi space yang ada. Selaraskan saja dengan konsep penataan ruang tamu yang Sobat inginkan.

  • Trik agar ruang tamu yang sempit terlihat luas

Banyak sekali para desainer rumah yang mengakali ruang yang sempit dan sederhana dengan memasang sebuah cermin. Percaya atau tidak, efek dari bayangan ruangan yang terpantul pada cermin tersebut bisa membuat ruangan yang kecil terlihat cukup luas.

menata ruang tamu sempit agar terlihat luas

Penempatan cermin yang strategis turut berpengaruh pada efek luas ruang tamu yang sempit tersebut. Posisi cermin yang baik biasanya berhadap-hadapan dengan sofa panjang di ruang tamu atau jendela.

Pikirkan juga apakah Sobat akan menempatkan satu cermin yang besar atau beberapa cermin kecil-kecil yang ditata sedemikian rupa sehingga menambah estetika ruangan tamu.

Itulah beberapa tips cara desain ruang tamu sempit yang minimalis agar terlihat luas dan mewah dengan pemilihan furnitur, dekorasi dan aksesoris yang tepat.

Semoga bisa mengispirasi Sobat Kosmo sekalian dan akhir kata, selamat mendesain Sobat.