Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Hobi Yang Menghasilkan Uang | Senang-senang dapat Cuan

Kosmonesia.com - Menghasilkan uang dengan bekerja memang melelahkan dan kita sering dibuat jenuh dengan segala aktivitas pekerjaan. Tapi apakah ada pekerjaan yang tidak membosankan? Jawabannya adalah hobi. Memang ada hobi yang menghasilkan uang? Jawabannya adalah tentu saja banyak.

Kita semua pasti punya hobi. Apapun bentuk hobi itu kita akan melakukan dengan senang hati tanpa ada rasa lelah dan jenuh. Dan hobi tersebut bisa menjadi ladang uang jika kita bisa memanfaatkannya dan melakukannya dengan serius.

hobi yang menghasilkan uang

Banyak sekali hobi yang bisa menghasilkan uang, namun kali ini mimin akan memberikan ulasan tentang 15 dafter hobi teratas yang sekarang paling banyak dipakai untuk menghasilkan uang.

Daftar hobi yang menghasilkan uang

Mungkin Sobat punya salah satu hobi di bawah, tanpa banyak basa-basi langsung saja kita ke pembahasannya.

1. Hobi menulis

Hobi pertama yang kita ulas adalah hobi menulis. Hobi menulis itu sangat menguntungkan. Sobat bisa mendapatkan uang hanya dengan menulis.

Menjadi blogger atau content writer adalah contoh yang paling sederhana. Sobat bisa mendapatkan uang dari adsense.

Sobat bisa mengisi blog atau website Sobat dengan tulisan-tulisan yang berhubungan dengan minat dan bakat Sobat. Misalnya Sobat memiliki minat dan bakat pada olahraga tertentu, maka tulislah semua topik yang berhubungan dengan olahraga tersebut.

Niche atau materi blog/website yang banyak diminati adalah tutorial, teknologi, beauty, kuliner, otomotif, finance, game, traveling, kesehatan dan parenting.

Meskipun banyak blogger yang beralih menjadi content creator di Youtube karena "diyakini" lebih lebih menggiurkan, blogger pun sampai saat ini masih tidak kalah menggiurkan jika digarap dengan sungguh-sungguh.

Pelajarilah tentang SEO jika memang ingin terjun ke dunia blogging.

Cara lain dari mendapatkan uang dari hobi menulis adalah menjual jasa layanan menulis di situs-situs jual jasa seperti Fiver, Upwork, dan lain-lain. Situs-situs tersebut banyak digunakan freelancer di bidang desain dan content writer/creator sebagai tempat untuk menghasilkan uang.

Modal untuk seorang penulis pun cukup murah. Tak perlu laptop yang berharga di atas 3 juta Sobat sudah bisa menghasilkan uang dengan membuat blog/website sendiri atau menjual jasa menulis sebagai content writer/copywriting.

2. Hobi bermusik

Musik juga bisa menjadi hobi yang menguntungkan dan mendatangkan uang. Satu dekade yang lalu kita akan kesulitan untuk menjual lagu ciptaan kita. Semua butuh proses yang panjang dan pastinya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit sebelum kita bisa sampai menjualnya.

Di jaman yang serba modern ini Sobat bisa dengan mudah menciptakan aransemen sebuah lagu hanya dengan menggunakan smarthphone. Banyak bertebaran aplikasi untuk menciptakan musik baik itu berbayar atau gratis.

Misalnya, ada Koala Sampler, BandLab, FL Studio Mobile, N-Track Studio 9.1, dan masih banyak aplikasi lainnya yang tidak kalah bagus.

Semua aplikasi-aplikasi tersebut sangat mudah digunakan, tidak seribet aplikasi di PC. Mimin sendiri menggunakan FL Studio Mobile karena mimin terbiasa menggunakan FL Studio versi PC. Di samping sangat mudah penggunaannya, mimin juga familiar dengan tools dan fitur di dalamnya.

Hanya dengan smartphone Sobat sudah bisa menyalurkan hobi dengan berkreasi dan menciptakan lagu di mana pun Sobat berada. Lalu Sobat bisa mempromosikannya lewat Youtube, Instagram atau Facebook dan menjualnya lewat SoundCloud, Audio jungle, Envato Element, dan lain-lain.

Pelajari tentang copyright agar karya yang Sobat ciptakan tidak sampai dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Hobi memasak

Kompetisi seperti MasterChef adalah bukti bahwa hobi memasak tidaklah bisa dianggap remeh. Memasak memiliki seni dan keunikan tersendiri dilihat dari keterampilan pengolahannya, penataannya, dan rasanya.

Bagi orang yang hobi memasak pasti akan senang bereksperimen dengan menciptakan resep-resep baru yang unik atau memodifikasi resep-resep yang sudah ada. Dengan begitu Sobat bisa menghasilkan uang dengan memasarkan makanan hasil dari resep tersebut secara online maupun offline.

Namun jika Sobat tidak suka berdagang, Sobat bisa membuat video tutorial cara memasak resep tersebut dan mengunggahnya di media sosial.

Jika diunggah di Youtube Sobat bisa menghasilkan uang dengan Adsense, kalau di unggah di Facebook bisa menghasilkan uang melalui In-Stream.

Perlu Sobat ketahui, menurut data yang dikumpulkan oleh Google, 59% orang berusia 25 sampai 34 tahun membawa handphone mereka ke dapur untuk mempraktekkan resep yang mereka dapat dari internet.

4. Hobi berkebun

Banyak sekali manfaat dari hobi berkebun. Di antaranya adalah mempercantik rumah kita, berdampak positif pada kesehatan karena menurunkan tingkat stress dan yang pasti bisa menghasilkan cuan yang bisa dibilang cukup mengiurkan.

Dari hobi berkebun tersebut, Sobat bisa membuka toko tanaman hias dan produk-produk pendukung berkebun seperti pupuk, pot, alat-alat berkebun dan lain-lain.

Akhir-akhir ini yang sedang tren adalah tanaman hias indoor yang digunakan untuk mempercantik desain rumah minimalis.

5. Hobi menggambar

Seperti halnya menulis, menggambar adalah hobi kreatif yang dapat menghasilkan uang. Menggambar sendiri memiliki arti yang luas, tidak melulu diartikan sebagai kegiatan layaknya melukis. Mendesain sebuah logo, poster, banner dan lain-lain juga bisa dikategorikan sebagai menggambar.

Sobat bisa menjual hasil-hasil ilustrasi dan desain gambar Sobat di situs-situs seperti Creative Market, DeviantArt, Redbubble, Envato, dan sebagainya.

Atau Sobat bisa memajang dan menjual hasil karya seni Sobat di blog atau website pribadi secara eksklusif. Biasanya artis yang memiliki gaya ilustrasi tertentu dan unik akan memiliki pelanggan setia.

Untuk menggambar secara digital, modal yang dibutuhkan sedikit lebih banyak daripada hobi menulis. Yaitu PC atau laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Bisa juga menggunakan tablet android atau iPad semua tergantung Sobat lebih nyaman menggunakan yang mana.

6. Hobi fotografi

Meskipun kamera smartphone sekarang sudah cukup bagus untuk digunakan menghasilkan sebuah foto, namun hasilnya tidaklah sebaik kamera DSLR atau mirrorless. Jika Sobat memiliki kamera DSRL atau mirrorless dan tahu cara menggunakannya, jangan biarkan kamera Sobat jamuran di drybox.

Daripada cuma dipakai saat ada acara nikahan atau ulang tahun, ada baiknya dipakai juga untuk menyalurkan hobi fotografi Sobat.

Ada berbagai cara untuk menjadikan fotografi sebagai salah satu hobi yang menghasilkan uang sampingan.

Sebagai pekerjaan sampingan yang bisa tumbuh menjadi pekerjaan utama, di awala-awal Sobat bisa jual hasil jepretan Sobat sebagai stok foto atau cetakan. Banyak sekali website microstock tempat jualan foto yang menjanjikan.

Sobat juga dapat menggunakan hobi fotografi Sobat untuk menarik banyak follower di Instagram dan menghasilkan uang dengan endorse atau jika beruntung bisa menjadi brand ambassador sebuah merek kamera.

Tak bisa dipungkiri jika Instagram adalah media sosial terbaik untuk dijadikan portofolio hasil jepretan Sobat. Sobat hanya perlu memilih niche yang tepat untuk menunjukkan bahwa "inilah style saya" pada hasil jepretan Sobat.

Fun Fact: Akun fotografi profesional adalah yang paling menguntungkan kedua di Instagram dalam hal berapa banyak merek yang bersedia membayar untuk postingan bersponsor. Dan Sobat juga tidak membutuhkan ratusan ribu follower.

7. Hobi videografi

Cara menghasilkan uang dari jenis hobi yang satu ini hampir mirip dengan hobi fotografi. Namun bedanya di sini Sobat menciptakan karya seni berupa video.

Buatlah video dengan tema dan cerita yang menarik sesuai dengan minat Sobat. Usahakan agar video yang Sobat buat memiliki ciri khas dan gaya tersendiri.

Semua karya seni tidak akan lepas dari yang namanya kritik. Produser film sekelas Steven Spielberg, Quentin Tarantino, Tom Cruise dan lain-lain saja selalu mendapatkan kritikan pedas di setiap karya yang mereka hasilkan.

Jadi jangan takut untuk berkarya dan menghasilkan video-video yang berkualitas. Dan jangan lupa pelajari tentang copyright agar Sobat tidak dirugikan atau merugikan pelaku seni lainnya.

8. Hobi kerajinan tangan

Kerajinan adalah salah satu dari daftar hobi menguntungkan yang menghasilkan uang. Apapun kerajinan tangan yang sobat kuasai pasti bisa menghasilkan uang asal dikelola secara baik dan dibarengi dengan metode pemasaran yang tepat.

Contoh yang paling gampang adalah lilin yang dibentuk secara unik, aksesoris, tempat alat tulis, sabun, pot, pigura, rajutan, dan masih banyak lagi.

Dalam menguji pasar untuk kerajinan tangan Sobat sebaiknya jual dalam skala yang lebih kecil dahulu kepada teman-teman Sobat. Lalu, Sobat bisa coba di Etsy, karena website ini adalah tempat yang paling cocok untuk menarik pelanggan dari luar negeri. Berbagai pernak-pernik yang unik dari seluruh dunia banyak dijual website ini.

Jika Sobat tidak suka menjual hasil karya yang Sobat ciptakan. Sobat bisa membuat tutorial cara membuat kerajinan tersebut dan mengunggahnya di Youtube. Buatlah semenarik mungkin agar penonton suka dan selalu menantikan video tentang kerajinan tangan Sobat. Asalkan rajin upload adsense pun akan dengan senang hati menyapa Sobat setiap bulannya.

Atau iseng-iseng fotolah hasil kerajinan tangan Sobat, lalu posting di Instagram. Namun jangan asal-asalan saat menjepretnya, karena foto yang bagus akan berpengaruh pada kerajinan tangan Sobat. Jangan sampai kerajinan tangan Sobat terlihat buruk gara-gara difoto secara ngawur.

Bagikan foto-foto kerajinan tangan Sobat, beri hashtag yang menarik, pelan tapi pasti kerajinan tangan sobat akan di-notice oleh warga Instagram. Dan jika mereka tertarik pasti akan bertanya "Kak, apa bisa dibuatkan kerajian yang kayak gitu tapi dengan bentuk yang lain? Kalau bisa, biayanya berapa?" atau minimal bertanya apakah kerajinan tersebut dijual.

Dari situ, bisnis kerajinan tangan Sobat sudah bisa dimulai.

9. Hobi melawak

Jika Sobat adalah orang yang memiliki selera humor dan Sobat hobi membuat orang tertawa, Kenapa tidak menggunakan hobi tersebut untuk membangun audiens di internet?

Komedi adalah salah satu cara yang lebih kreatif untuk menghasilkan uang dari daftar ini.

Sobat bisa membuat konten yang menghibur dan mengunggahnya di berbagai jejaring sosial seperti YouTube, Instagram, atau Facebook.

Setiap hari jutaan orang membuka akun media sosial mereka untuk mencari hiburan dari penatnya aktifitas harian seperti menonton video lucu, menemukan meme baru, dan bertukar guyonan dengan teman-teman mereka. Jadi, temukan tema lawakan Sobat dan cobalah untuk menarik audiens Sobat.

Tapi hati-hati dalam melawak karena dewasa ini bukan hanya penduduk Indonesia saja tapi di seluruh dunia sangat sensitif terhadap lelucon atau lawakan. Melawaklah sewajarnya dan jangan menyinggung hal-hal sensitif yang berbau sara.

Setelah Sobat memiliki audiens, Sobat bisa bermitra dengan merek tertentu untuk melakukan posting bersponsor atau mencetak punchline/lelucon terbaik Sobat di t-shirt dan produk lainnya lalu memasarkannya.

10. Hobi olahraga

Dari hobi ini Sobat bukan hanya menjadi sehat tapi juga menghasilkan uang. Salah satu caranya adalah dengan menjadi instruktur kebugaran.

Apalagi jika Sobat memiliki bentuk tubuh yang banyak diinginkan orang-orang sebagai body goal mereka.

Sobat bisa membuat tutorial atau menceritakan apa saja olahraga yang biasa Sobat lakukan dan cara melakukannya sampai bisa mendapat tubuh yang ideal tersebut.

Buatlah video tentang keseharian Sobat saat berolahraga. Gunakan semua media sosial yang dapat meningkatkan jumlah follower dan viewer sehingga Sobat bisa mendapatkan uang dari adsense atau endorse dari sebuah produk kesehatan atau olahraga.

11. Hobi minum kopi

Tahukah Sobat bahwa hobi minum kopi juga bisa menjadi hobi yang menguntungkan? Dan tahu kah Sobat bahwa perputaran uang dalam industri kopi adalah senilai 60 miliar dolar setiap tahunnya.

Penikmat dan penghobi kopi pasti sering melanglang buana demi berburu dana merasakan ciri khas kopi dari seluruh belahan dunia. Namun daripada menikmatinya sendiri, alangkah baiknya jika Sobat mempertimbangkan untuk mendirikan kedai kopi sembari mengenalkan produk kopi tersebut dengan memasarkannya.

Buatlah kedai kopi dengan konsep seunik mungkin demi menarik pelanggan. Steeltown Garage Co. adalah salah satu contoh inspirasi kedai kopi yang unik. Jeff Campagna dan istrinya Tania LaCaria berhasil menggabungkan bengkel motor dan kedai kopi dengan sempurna lengkap dengan pernak-pernik yang mereka jual secara offline maupun online.

Sobat bisa menggabungkan kedai kopi dengan passion atau hobi sobat yang lain, seperti melukis misalnya. Desainlah kedai kopi Sobat yang juga berfungsi sebagai galeri lukisan. Siapa tahu ada yang tertarik dengan salah satu lukisan Sobat dan membelinya.

Entah apakah Sobat hanya menikmati berburu biji kopi yang sempurna, membuat cappucino dengan busa sempurna, atau hanya duduk menikmati secangkir kopi di pagi hari sambil membaca buku, penikmat kopi bisa membawa ide bisnis ini ke berbagai arah.

12. Hobi bermain game/gaming

Bagi sebagian orang mungkin ada yang skeptis tentang gagasan bermain game sebagai salah satu hobi yang dapat menghasilkan uang dari rumah. Sobat bisa menghasilkan uang dari hobi ini jika bisa memahami ceruk dari industri yang saat ini memeng sedang booming.

Hobi ini berpotensi menghasilkan jika Sobat memainkannya sambil menyiarkannya secara langsung di media sosial. Maka dari itu sebaiknya Sobat pilih memainkan game yang sedang ngetren untuk menarik penonton.

Pundi-pindi uang akan datang apabila pemirsa yang menyaksikan siaran live streaming Sobat sangat banyak. Entah itu dari iklan yang muncul saat live, endorse, atau bahkan dikontrak atau disponsori oleh brand ternama.

Jika Sobat sulit melakukan streaming karena jaringan internet yang buruk, Sobat bisa merekam permainan terbaik Sobat dan mengunggahnya di Youtube. Cara ini adalah yang paling logis untuk mendatangkan uang dari hobi bermain game.

Untuk menggaet pemirsa dari Indonesia maka Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, PUBG Mobile, Call of Duty: Mobile, dan League of Legends : Wild Rift adalah juaranya.

Namun jika Sobat ingin menggaet pemirsa dari seluruh dunia maka semua game bergenre MOBA, RPG, FPS, dan MMO pasti laku ditonton. Twitch adalah platform yang paling cocok untuk melakukan live streaming permainan Sobat.

Penghasilan yang sangat besar akan didapatkan jika Sobat dikontrak untuk menjadi salah satu pro player dalam tim e-sport. Gajinya sungguh di luar bayangan.

Meskipun dipandang sebelah mata, game adalah industri yang berkembang pesat dengan banyak passion yang mendukung. Jika Sobat adalah gamer yang benar-benar kecanduan game dan memahami kebutuhan pasar di dunia game, Sobat sudah memiliki modal sebagai wirausahawan di bidang ini.

13. Hobi coding

Mungkin ini adalah hobi yang masih asing di telinga Sobat, karena hobi ini memang pasti membutuhkan PC atau laptop dan tidak semua orang memilikinya.

Di jaman yang sudah serba modern ini coding bisa dikategorikan sebagai hobi, karena bagi tech geek atau enthusiast, coding adalah hal yang menyenangkan.

Lalu coding itu apa sih?

Coding adalah langkah pembuatan program yang menyusun kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Kode-kode tersebut adalah perintah yang dibaca oleh komputer untuk menjalankan program atau aplikasi.

Banyak bahasa pemrograman yang bisa dipelajari dan digunakan untuk coding tersebut. Setiap bahasa memiliki aturan sendiri-sendiri namun pada dasarnya memiliki algoritma yang hampir sama

Banyak sekali kompetisi coding yang diselelnggarakan di seluruh belahan dunia. Hal inilah yang menjadikan coding adalah salah satu hobi yang menghasilkan uang.

Perlu digarisbawahi bahwa coding dan programming itu berbeda.

14. Hobi berwisata atau traveling

Logikanya traveling itu pasti menghabiskan uang. Tapi nyatanya banyak sekali orang-orang di luar sana yang malah mendapatkan cuan dari hobi berwisata ini.

Dulu traveler menceritakan pengalaman mereka dalam perjalanan wisata mereka yang menyenangkan sambil menunjukkan keindahan alamnya dalam blog mereka.

Tanpa disadari ternyata banyak sekali yang membaca cerita pengalaman mereka, sehingga menarik minat tempat-tempat wisata untuk mengundang mereka agar mempromosikan tempat wisata tersebut. Dari situlah bisnis yang berawal dari hobi tersebut mulai berjalan.

Dan semenjak Youtube menjadi tempat baru untuk menambang uang, mereka banyak yang beralih menceritakan perjalanan mereka dalam bentuk video.

Hobi ini bisa berjalan beriringan dengan mereka yang hobi fotografi, videografi, dan hobi makan alias kuliner.

Profesi yang berhubungan dengan hobi ini adalah tour guide alias pemandu wisata. Nge-vlog sambil memandu wisatawan berkeliling jelas bisa banget. Istilahnya sambil menyelam minum air.

15. Hobi berdandan

Selain bisa menjadi seorang MUA (Make-Up Artist), hobi berdandan bisa menghasilkan duit tambahan dengan menjadi beauty vlogger.

Sobat bisa memberikan tutorial berdandan yang baik, seperti memadukan warna kosmetik dengan warna kulit, melakukan review produk kecantikan dan lain-lain.

Dan bisa ditebak bahwa endorsement akan menjadi alternatif berikutnya dalam menghasilkan uang dari hobi ini jika follower dan viewer Sobat sudah banyak.

Cara terbaik menghasilkan uang dari hobi yang dibayar

Mimin punya tips dalam melangkah untuk memulai bisnis menguntungkan dengan memanfaatkan hobi.

  • Lakukan beberapa riset pasar untuk memastikan ada permintaan untuk hobi yang Sobat jual.
  • Ciptakan brand, berikan identitas unik pada bisnis Sobat.
  • Rencana yang matang akan membuat Sobat tetap di jalur bisnis untuk mencapai kesuksesan dan tujuan Sobat.
  • Sedikit-banyak cobalah untuk memahami cara mengatur keuangan dalam berbisnis, pisahkan tabungan pribadi dengan tabungan untuk pengembangan bisnis Sobat.
  • Siapkan nomor telepon khusus untuk bisnis.
  • Kembangkan terus produk atau layanan Sobat. Pastikan bahwa pelanggan Sobat berpikir bahwa hasil dari hobi tersebut pantas untuk dihargai.
  • Legitimasi bisnis dan lindungi aset pribadi Sobat.
  • Pastikan Sobat menjalankan bisnis secara sah serta tidak melanggar peraturan atau norma-norma dalam masyarakat.
  • Gunakan semua media yang bisa mendukung pemasaran produk Sobat. Bangun website dan buat akun di media sosial.
  • Meskipun Sobat bisa menjalankan bisnis secara online di rumah namun tidak ada salahnya mencari lokasi yang strategis untuk menjalankan bisnis Sobat jika sudah berkembang.
  • Bangun sebuah tim kerja jika dibutuhkan, tergantung rencana bisnis Sobat.
  • Luncurkan bisnis Sobat, sebarkan, promosikan, agar dunia tahu.

Memang tak bisa dipungkiri jika internet dan media sosial dewasa ini memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan, terlebih lagi dalam dunia bisnis.

Jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik maka tak diragukan lagi kesuksesan akan menghampiri.

Dari beberapa hobi yang sudah diulas di atas sebagian besar memiliki kompetisi atau turnamen berskala nasional maupun internasional yang hadiahnya tidak main-main.

Seperti kompetisi desain, memasak, bermain game, melawak (stand up comedy) dan masih banyak lagi kompetisi yang berdasarkan dari hobi.

Itu adalah kompetisi yang umum diketahui kebanyakan orang.

Ada juga kompetisi dari hobi yang tidak banyak diketahui seperti kompetisi memotong rambut, kompetisi coding program komputer, overcloking PC, dan hobi-hobi unik lainnya.

Jika menyangkut masalah pekerjaan sampingan, ada baiknya pekerjaan tersebut adalah hal-hal yang cenderung kita lakukan secara bebas, gratis dan untuk bersenang-senang.

Hobi bukan hanya sekedar hobi, namun juga sebagai jenis bisnis yang dapat kita kejar dengan menggunakan hasrat dan minat kita sendiri sebagai penyemangat.

Jika Sobat memiliki keinginan untuk memulai sesuatu tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, tanyakan pada diri sendiri apa yang Sobat kuasai dan ketahui.

Lalu pertanyaannya adalah, apa yang sudah Sobat lakukan di waktu luang yang bisa berubah menjadi sesuatu yang menguntungkan?

Kita semua memiliki kesempatan sukses yang sama dengan mereka yang telah sukses. Carilah cara paling tepat dalam memanfaatkan hobi Sobat. Jangan patah semangat jika hasil yang didapat tidak sesuai harapan.

Teruslah berusaha, karena kesempatan sukses itu pasti ada.

Dikutip dari salah satu stand-up comedian,
"Kesempatan memang tidak datang dua kali, tapi kesempatan akan datang pada mereka yang terus berusaha."

Itulah ulasan tentang daftar 15 hobi yang menghasilkan uang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sobat Kosmo sekalian. Akhir kata, stay fit and keep positive.