Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah yang Sempit

Hai Sobat Kosmo. Kali ini mimin ingin membagikan beberapa tips untuk menata atau mengatur desain ruang kerja minimalis di rumah yang sempit.

Kita semua tahu bahwa sejak adanya pandemi corona ini kita dipaksa untuk bekerja dari rumah alias work from home. Saat pertama kali mulai bekerja di rumah pun mimin bingung karena harus membawa pulang segala peralatan kantor milik mimin agar bisa bekerja di rumah.

Rumah yang pada dasarnya digunakan untuk bersantai dan melepas penat bersama keluarga selepas kerja, sekarang harus disulap menjadi tempat untuk berkonsentrasi dan melakukan produktivitas.
desain ruang kerja minimalis di rumah
Desain ruang kerja minimalis di rumah

Jadi mimin bingung karena harus memikirkan bagaimana cara menata ruang kerja yang nyaman di rumah agar tidak jenuh dan bisa berkonsentrasi dengan baik. Apalagi rumah mimin tergolong minimalis alias kecil.

Mimin pun mencari info mendesain ruang kantor sederhana di rumah dan mendapatkan tips menarik yang bertebaran di internet dalam menata ruang kerja agar nyaman.

Oleh karena itu mimin ingin membagikan info ini pada Sobat Kosmo sekalian.

Cara Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah dengan ruang sempit


  • Carilah tempat yang tepat
Sobat tentu tak ingin mendapat gangguan saat bekerja, jadi jangan menggunakan tempat yang biasa digunakan untuk berkumpulnya keluarga. Dan jangan gunakan tempat dekat jalan yang biasa digunakan keluarga Sobat mondar-mandir.

Ini mungkin tidak sepenuhnya terkait dengan desain rumah, tetapi jika desain kantor di rumah Sobat terletak di area yang sering diakses orang untuk mondar-mandir, hal ini membutuhkan waktu untuk berpikir tentang bagaimana desain terbaik untuk ruang kantor di rumah Sobat.

Membuat kantor rumahan di ruang kecil memang sangat sulit didapat, terutama jika Sobat tinggal di kontrakan yang patungan dengan teman Sobat.

Sehingga desain yang dapat meminimalisir gangguan harus dipikirkan secara matang.

Kalau bisa carilah tempat dekat jendela yang memiliki pemandangan luar yang indah dan sejuk. Karena sedikit banyak pemandangan tersebut bisa membantu kenyamanan otak saat berkonsentrasi.

Apalagi jika Sobat adalah perokok yang pasti membutuhkan ruangan berjendela agar sirkulasi udara ruang kerja Sobat bisa selalu terjaga dan udara di ruangan tersebut tetap fresh.

  • Beri dekorasi yang dapat membantu kenyamanan dalam bekerja
Letakkan beberapa tanaman bunga yang harum di pot-pot kecil dekat jendela Sobat. Karena tanaman tersebut dapat membantu oksidasi di ruangan kantor sobat dan agar harum pastinya.

Tempatkan rak buku di dekat meja kerja Sobat agar buku kerja tidak berantakan dan Sobat bisa mengambil buku kerja tersebut sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.

  • Kreatiflah dalam menggunakan benda-benda di rumah sobat
Gunakan barang-barang tak terpakai yang ada di rumah sobat seperti toples, gelas plastik, dan lain sebagainya untuk dijadikan tempat bolpoin/pensil, penjepit kertas, pin, dan lain-lain.

Atau jika laci meja Sobat cukup besar maka bagilah laci tersebut dengan disekat untuk menyimpan benda-benda penunjang kerja. Sehingga sobat tak perlu mondar-madir untuk mencari barang tersebut.

Sobat juga disarankan untuk memilih perabot kantor dan alat tulis yang sesuai dengan tampilan dan warna ruangan, sehingga tidak ada yang terlihat menonjol dan terasa aneh dengan ruangan tersebut.

Karena detil-detil yang kelihatanya sepele dan kecil bisa saja mengganggu konsentrasi kerja. Jadi perhatikan hal-hal yang terlihat sepele.

  • Rapikan benda-benda di sekitar meja kerja Sobat
Hal yang bisa memperlambat produktivitas adalah ruang yang berantakan dan tidak terasa nyaman. Salah satunya adalah kabel yang berantakan, jadi cable management atau penataan kabel penting untuk dilakukan apalagi bagi sobat yang kesehariaannya bekerja menggunakan PC.

Selipkan kabel-kabel tersebut di belakang meja atau rapikan dengan cara mengikatnya menjadi satu dengan pengikat zip ties.

Ingatlah untuk membersihkan ruangan Sobat secara teratur dan merapikan barang-barang kantor Sobat, karena jika dibiarkan maka semakin lama akan semakin berantakan dan tidak ergonomis lagi, ujung-ujungnya Sobat malah malas untuk membersihkan dan menatanya kembali.

  • Skema warna turut membantu mood
Desain kantor untuk bekerja dari rumah yang terbaik adalah disesuaikan dengan selera orang yang bekerja di tempat tersebut. Maka dari itu sebaiknya Sobat bangun tempat tersebut agar bisa senyaman mungkin dan meningkatkan mood saat bekerja.

Salah satunya adalah dengan memberikan warna yang cerah dan ceria, namun bukan berarti harus didesain seperti taman kanak-kanak dong, ye kan? Hehehe.

Asosiasikan warna-warna yang menimbulkan kehangatan dan kebahagiaan. Karena secara psikologi warna ruangan dapat membantu meningkatkan ketenangan, konsentrasi, kreatifitas dan menjadi mood booster yang efektif.

Lingkungan kerja yang kacau dengan warna kurang serasi dapat menciptakan perasaan jenuh dan menyebalkan. Membuat Sobat tidak nyaman dan dapat menghambat produktivitas Sobat secara keseluruhan.
Desain Ruang Kantor Sederhana
Desain ruang kerja kantor minimalis

  • Jendela dan sinar Matahari adalah teman
Seperti yang sudah mimin sebutkan di atas, aspek penting dari setiap ruang kerja sederhana di rumah adalah mudahnya akses sinar matahari masuk ke dalam rumah melalui jendela.

Sinar matahari meningkatkan kadar vitamin D tubuh Sobat yang secara langsung berhubungan dengan tingkat kebahagiaan. Sinar matahari juga menjaga ritme sirkadian (siklus bangun-tidur) tubuh dan membuat Sobat tidak mudah mengantuk.

Jika di tempat yang akan Sobat gunakan sebagai tempat kerja di rumah jauh dari jendela atau bahkan tidak ada jendela, sebaiknya Sobat gunakan lampu yang nyaman menurut mata Sobat.

Saran mimin gunakan lampu terapi yang banyak dijual di pasaran. Karena jika Sobat yang kesehariannya bekerja di depan layar monitor, lampu bisa membantu mengurangi rasa cepat lelah di mata Sobat.

Selain itu Sobat akan mendapatkan tampilan estetik yang menambah cantiknya desain ruangan kerja.
Contoh lampu yang bisa menambah estetika desain adalah lampu LED RGB, lampu tumbler, lampu duduk, dan lain-lain.
  • Air!
Yups, air sangat penting untuk menjaga agar tubuh kita tidak dehidrasi. Jadi jelas Sobat harus mempertimbangkan tempat khusus air minum dalam desain ruang kerja minimalis Sobat.

Entah itu berupa botol besar ataupun galon air minum, yang penting dekat dengan meja kerja Sobat. Karena jika Sobat sering mondar-mandir hanya untuk mengambil minum meski hanya dalam hitungan menit hal tersebut bisa menyebabkan penundaan kerja sehingga menggangu konsentrasi dan menyebabkan terganggunya produktivitas.

  • Manfaatkan tinggi dinding
Salah satu ide ruang terbaik untuk kantor minimalis di rumah Sobat adalah menggunakan ketinggian dinding rumah Sobat sepenuhnya. Pasang rak yang tinggi, susun laci Sobat, dan manfaatkan ruang di bawah meja.

Dengan mengeset desain ruang kantor sempit secara vertikal dan bukan secara horizontal, Sobat masih bisa menggunakan space yang di kanan atau kiri ruang kerja sederhana Sobat untuk meletakkan dekorasi lain yang bisa membuat Sobat merasa nyaman dan betah bekerja di ruangan tersebut.

Memang desain ruang kerja yang satu ini memiliki kelemahan yaitu penataan rak yang tinggi. Jadi Sobat butuh usaha lebih jika harus menjangkau barang kebutuhan kerja yang sudah terlanjur diletakkan di rak paling atas.
cara menata ruang kantor yang sempit
Contoh desain ruang kerja yang sempit secara vertikal

  • Membagi ruang yang ada
Jika Sobat benar-benar kesulitan menemukan ruangan untuk menata ruang kantor di rumah, maka sebaiknya Sobat mencari ruangan yang bisa dibagi untuk dijadikan kantor rumahan.

Sobat bisa gunakan ruang tamu, kamar tidur, bahkan dapur atau garasi jika memungkinkan.

Jika memang tidak ada ruang lagi untuk dibagi, sebaiknya bangun tempat baru. Entah itu di halaman depan atau belakang. Memang hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun bisa dipastikan privasi, ketenangan dan kenyamanan dapat terjaga di ruang kantor pribadi tersebut.

  • Ergonomis
Pengaturan komputer di kantor rumah Sobat tatalah secara ergonomis. Termasuk kursi yang sepanjang hari menyangga punggung Sobat. Jadi gunakanlah kursi yang ergonomis juga.

Selain nyaman ketika digunakan duduk berlama-lama, baiknya gunakan kursi yang bisa diatur ketinggannya untuk menyesuaikan sudut pandang agar sejajar dangan layar monitor ketika Sobat duduk dengan tegak.

Dengan melakukan hal ini maka akan mendorong aliran oksigen dan darah ke otak menjadi lancar. Selain menjadikan otak bekerja dengan maksimal hal ini juga mencegah punggung dan bahu Sobat cepat lelah.
desain ruang kerja kantor pribadi ergonomis
Desain ruang kerja pribadi yang ergonomis

Nah, itulah saran yang bisa mimin berikan mengenai cara menata ruang kantor di rumah. Semoga informasi ini cukup membantu permasalahan dalam menata desain ruang kerja minimalis di rumah Sobat. Selamat mendesain dan tetaplah sehat Sobat.