Manfaat Olahraga Untuk Kulit Cantik dan Kencang

Kosmonesia.com - Siapapun kalian pasti akan rajin berolahraga setelah membaca artikel tentang manfaat olahraga untuk kulit cantik nan mempesona ini.

Mungkin saja Sobat akan berubah pikiran dan sesegera mungkin membuat jadwal untuk mengerakkan tubuh demi mendapatkan manfaat tersebut.
Manfaat Olahraga Untuk Kulit Cantik dan Kencang

Inilah Manfaat Olahraga Untuk Kulit Cantik dan Kencang Sobat

Selama ini kebanyakan orang berpikir bahwa manfaat olahraga adalah memberikan tubuh yang sehat dan kuat. Dengan berolah raga orang-orang berharap mendapatkan stamina yang lebih bagus, seperti tidak mudah cepat lelah, kuat terhadap penyakit, dan sebagainya.

Namun pernahkan Sobat sadari bahwa ternyata olah raga itu sangat berguna bagi kesehatan kulit juga lho. Penasaran apa saja manfaat olahraga untuk kulit Sobat? Baiklah kita bahas satu-persatu.

Macam manfaat olahraga bagi kulit tubuh kita.

  • Berkeringat saat berolahraga membantu mengeluarkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh, juga membuat kulit lebih bersih.

Perlu Sobat ketahui bahwa keringat yang keluar saat berolahraga justru membuat kulit Sobat menjadi lebih sehat dan bersih. Kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat dan mengeluarkannya melalui pori-pori.

Sehingga polusi udara, asap rokok atau bahan kimia pada produk kecantikan yang berdampak buruk pada kulit kita akan ikut terdorong keluar saat berkeringat. Dan efeknya pasti Sobat tahu sendiri, pori-pori akan menjadi bersih dan segar.

Radikal bebas tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit sehingga menjadi penyebab keriput atau flek pada kulit.

Agar radikal bebas tersebut tidak lagi terkunci dan menumpuk lagi dalam pori-pori, segera bersihkan kulit atau sekalian mandi ketika suhu tubuh sudah normal kembali.

  • Olahraga dapat merangsang produksi kolagen pada kulit dan mencegah penuaan dini.
Kulit keriput bisa disebabkan oleh produksi kolagen pada kulit yang menurun. Kolagen sendiri berfungsi untuk menjaga kekuatan kulit dan menjaga agar kulit tetap elastis.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin menurun dan berkurang yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan keriput.

Kolagen dapat diproduksi dan dipacu saat melakukan olahraga secara rutin. Dengan berolahraga, sel kulit akan mendapatkan oksigen dan nutrisi yang akan terdistribusi dengan baik karena lancarnya peredaran darah pada tubuh Sobat.

Otomatis kulit Sobat akan menyerap nutrisi kolagen tersebut dengan maksimal dan manfaat olahraga bagi kulit pasti akan didapatkan. Penuaan dini? pastinya dapat dicegah.
manfaat olahraga membuat kulit wajah cerah

  • Olahraga membuat wajah cerah dan mencegah timbulnya jerawat karena otak dan tubuh menjadi rileks.

Kulit berjerawat bisa saja dipicu karena produksi hormon DHEA dan DHT yang tidak terkontrol. Munculnya jerawat pada wajah atau pada bagian kulit tubuh lain juga bukan hanya disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada kulit saja.

Melainkan, jerawat juga bisa menjadi indikasi bahwa diri Sobat sedang mengalami stres dan kurang tidur yang cukup. Efek dari stres dan kurang tidur tersebut adalah produksi hormon atau minyak pada wajah dan tubuh Sobat menjadi tak terkendali, dan pada akhirnya jerawat di kulit pun muncul dengan membabi buta.

Dan olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan stres. Tapi jangan lupa juga ditambah dengan tidur yang cukup. Sebuah penelitian membuktikan bahwa stres akan berkurang bila Sobat rutin berolahraga secara teratur.

Setelah berolahraga sobat akan merasakan rileks pada otak maupun tubuh. Ditambah lagi, berolahraga akan dapat memicu produksi hormon endorfin pada tubuh. Hormon ini bisa membuat Sobat merasa lebih bahagia dan lebih tenang, sehingga kulit wajah cerah bebas jerawat pun dapat terwujud.

  • Manfaat olahraga agar kulit kencang lainnya adalah mengurangi selulit

Baik tubuh Sobat kurus ataupun gemuk, selulit dapat menyerang siapapun. Selulit terjadi karena timbunan lemak di bawah kulit yang tidak merata.

Timbunan lemak tersebut mendorong jaringan ikat sampai menojol ke permukaan kulit. Sehingga mengakibatkan kulit Sobat menjadi tidak rata atau bergelombang.

Selulit sering terlihat pada perut pinggul, pantat, dan paha. Dan yang pasti munculnya selulit akan mengganggu penampilan Sobat yang mengidamkan tubuh dengan kulit yang mulus dan kencang.

Selulit sangat sulit untuk dihilangkan, namun bisa disamarkan dengan berolahraga. Olahraga akan membantu menjaga kadar lemak pada tubuh kita agar tetap rendah. Rekomendasinya adalah senam aerobik.

Meningkatnya sirkulasi darah ketika berolahraga secara teratur akan membentuk otot di area yang rentan selulit. Hal tersebut akan secara otomatis akan menjaga kesehatan kulit dan otot jaringan ikat tetap kencang, sehingga selulit pun bisa tersamarkan
manfaat olahraga lari bagi kulit
  • Dengan berolahraga kulit akan lebih cerah.
Ketika berolahraga, jantung akan memompa darah lebih banyak. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi di seluruh tubuh Sobat, termasuk kulit dan pada akhirnya kulit akan tampak seolah bercahaya pasca latihan.


Yang pasti manfaat olahraga bagi kesehatan kulit adalah kulit akan selalu tampak lembap, sehat, kencang dan lebih cerah. Meskipun olahraga ringan, namun jika dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari akan membawa dampak positif bagi kesehatan kulit Sobat.

Namun ada yang perlu diperhatikan!

Jika Sobat memiliki kulit yang sensitif janganlah berolahraga di tempat yang panas karena akan memperburuk kondisi kulit Sobat. Jika Matahari sudah terlalu terik sebaiknya berolahraga di tempat yang teduh.

Bila masih wajah masih ber-makeup, sebaiknya bersihkan dahulu makeup Sobat dan segera bersihkan badan atau mandi sekalian setelah kondisi panas tubuh normal pasca berolahraga.

Setelah mengetahui manfaat olahraga untuk kesehatan kulit, apakah Sobat sudah terpikirkan olahraga apa yang bisa Sobat lakukan secara rutin dan teratur?

Sebagai usulan dari kami, olahraga yang mudah dan tidak memerlukan banyak tempat, sebaiknya Sobat sekalian membaca artikel lompat tali atau skipping untuk menurunkan berat badan ini.

Akhir kata, stay fit and healthy ya Sobat Kosmo!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel