Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi Kuat Sampai Tua

Kosmonesia.com - Apa yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang kita? Entah itu tua atau pun muda pasti pernah memiliki pertanyaan tersebut dalam benaknya. Mimin di sini akan memberikan info tentang cara menjaga kesehatan tulang, salah satunya adalah dengan berolahraga. Karena olahraga dapat meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang, kekuatan otot, dan menciptakan keseimbangan serta dapat meningkatkan kesehatan tubuh Sobat secara keseluruhan.
Cara menjaga kesehatan tulang dan sendi

Cara menjaga kesehatan tulang dan sendi dengan olahraga


Olahraga adalah yang utama


Otot adalah bagian dari tubuh kita yang perlu dijaga kekuatannya dengan berolahraga, begitu juga dengan tulang.

Tulang termasuk jaringan di dalam tubuh kita yang akan memberikan respon jika mendapatkan perintah dari otak. Maka dari itu tulang butuh olahraga atau dilatih agar tetap sehat dan menjadi lebih kuat.

Baik pria maupun wanita berusia muda yang berolahraga secara teratur pada umumnya mampu mencapai kepadatan dan kekuatan tulang secara maksimal daripada mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali.

Kepadatan dan kekuatan tulang yang maksimal ini berlangsung selama sekitar 30 tahun pada mayoritas individu. Setelah itu, tingkat kepadatan dan kekuatan tulang akan berkurang secara perlahan tapi pasti.

Maka dari itu dianjurkan untuk membiasakan olahraga secara teratur sejak dini agar tidak malas berolahraga, sehingga pengeroposan pada tulang bisa dihindari.

Di samping itu olahraga membantu mencegah terjadinya osteoporosis yang bisa menjadi penyebab mudahnya patah tulang.

Olahraga Untuk Kesehatan Tulang Yang Terbaik


Olahraga jenis weight-bearing sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tulang. Weight-bearing adalah olahraga yang bersifat melawan gravitasi. Latihan beban adalah salah satu contohnya, karena latihan beban tidak hanya melatih otot saja tapi juga tulang yang ikut bekerja keras mengangkat beban sehingga dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Ada juga kegiatan yang termasuk dalam weight-bearing yaitu, berjalan, jogging, mendaki, naik-turun tangga, dan bahkan berdansa. Berdansa atau menari diyakini dapat menjaga kekuatan dan kelenturan persendian tulang.
manfaat olahraga bagi kesehatan tulang
Cara Menjaga Kesehatan Tulang Secara Alami Agar Tetap Kuat

Lalu bagaimana dengan renang dan bersepeda. Jenis olahraga ini baik jika digunakan untuk membangun pertumbuhan tulang dan menjaga otot agar tetap kuat serta memiliki manfaat kardiovaskular yang sangat baik namun bukan cara terbaik untuk memadatkan dan meningkatkan massa tulang. Jadi Sobat yang ingin memiliki tubuh tinggi sebaiknya melakukan kegiatan renang dan diimbangi dengan kegiatan weight-bearing agar pertumbuhan dan peningkatan massa tulang seimbang.

Sebagai informasi tambahan, selain untuk pertumbuhan tulang renang adalah olahraga untuk kesehatan tulang punggung dan belakang. Gaya-gaya dalam renang membantu menjaga kelenturan tulang belakang.

Tips olahraga untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi


Sebelum Sobat melakukan kegiatan olahraga di atas, lebih baik Sobat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika Sobat sudah berumur 40 tahun ke atas atau andai saja Sobat memiliki masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, gangguan jantung, dan tekanan darah.

Terutama jika Sobat menderita osteoporosis, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli dan tanyakan jenis olahraga untuk kesehatan tulang terbaik dan aman untuk Sobat.

Para ahli merekomendasikan Sobat untuk melindungi tulang belakang dengan menghindari jenis kegiatan yang memberikan tekanan berlebih pada tulang tersebut jika Sobat memiliki massa tulang yang cukup rendah. Sobat juga perlu menghindari olahraga beresiko tinggi untuk mencegah terjadinya patah tulang.

Ketika Sobat memulai latihan rutin, Sobat mungkin akan mendapatkan sedikit nyeri otot dan rasa tidak nyaman di awal latihan. Nyeri tersebut adalah peringatan agar Sobat tidak memaksakan latihan yang bisa menyebabkan cedera. Biasanya nyeri yang mengganggu tersebut tidak berlangsung lebih dari 48 jam.

Namun jika dalan 48 jam nyeri masih terasa, Sobat mungkin berlatih terlalu keras. Jadi latihan tersebut perlu dikurangi sedikit porsinya dan tingkatkan porsi latihan secara perlahan. Hentikan latihan jika Sobat mulai merasa nyeri di dada dan segera konsultasikan pada dokter sebelum Sobat memulai latihan selanjutnya.

Berkonsultasi dengan trainer spesialis juga bisa dilakukan agar dapat mempelajari jenis olahraga yang tepat, bagaimana cara melakukan pergerakan tubuh saat latihan secara aman, dan mempelajari cara pemanasan yang baik sebelum latihan.

Bagi penderita osteoporosis, sebaiknya trainer diberitahu akan hal tersebut agar tahu kondisi yang Sobat alami. Sehingga trainer bisa memberikan saran olahraga dan kegiatan yang memiliki gerakan tidak terlalu kompleks.
Cara mudah menjaga kesehatan tulang

Program Lengkap menghindari Osteoporosis


Dari penjelasan cara menjaga kesehatan tulang dan sendi di atas, yang perlu diperhatikan adalah olahraga merupakan salah satu program perawatan dari pencegahan osteoporosis. Sobat juga butuh melengkapinya dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dan vitamin D.

Di samping itu gaya hidup sehat juga sangat diperlukan. Hindarilah merokok dan jangan mengonsumsi alkohol, karena program latihan terbaik pun tidak akan cukup untuk mencegah pengeroposan tulang jika tidak dibarengi dengan gaya hidup sehat.

Maka, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Sobat tentang kesehatan tulang. Lakukan tes kepadatan tulang apabila memang diperlukan. Jika Sobat didiagnosa memiliki massa tulang yang rendah, tanyakan apa obat bisa membantu untuk membuat tulang kuat.

Itulah cara menjaga kesehatan tulang dan sendi Sobat. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk Sobat Kosmo sekalian. Stay fit, keep healthy.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel