Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat renang bagi kesehatan - Berenang merupakan kegiatan yang menyenangkan, juga merupakan jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan dan meninggikan badan lho!(bagi Sobat yang masih dalam masa pertumbuhan).

Olahraga ini bisa dibilang semacam olahraga tanpa gaya gravitasi bumi atau biasa disebut non weight barring.

Berenang termasuk olahraga yang minim risiko cedera fisik. Karena saat Sobat berenang maka seluruh berat tubuh Sobat akan ditahan oleh air alias mengapung. Sehingga benturan fisik yang menyebabkan cedera hampir tak pernah terjadi. Kecuali jika Sobat berenang di kolam renang umum yang pastinya banyak orang yang berenang di situ, cedera kemungkinan bisa terjadi.
manfaat renang bagi tubuh kita Manfaat renang selain sebagai olahraga dapat digunakan sebagai penurun berat badan. Maka dari itu olahraga ini sangat dianjurkan bagi seseorang yang menderita obesitas.

Baca juga: Olahraga skipping untuk menurunkan berat badan

Bagi penderita gangguan persendian tulang atau arthritis juga disarankan untuk menjalani terapi dengan berenang.

Manfaat renang bagi tubuh kita sangatlah banyak. Bila kita melakukannya dengan benar dan rutin, maka akan banyak sekali dampak yang akan kita rasakan.

Baiklah, sekarang mari kita bahas manfaat renang bagi kesehatan kita satu-persatu.


  • Melatih pernafasan
Apakah sobat sedang menderita asma? Maka lakukanlah terapi berenang, karena banyak dokter yang menganjurkannya. Dengan berenang, maka secara tidak langsung Sobat telah melatih sistem kardiovaskular dan sistem pernapasan agar menjadi lebih kuat. Sehingga penapasan Sobat semakin lama akan semakin sehat dan pernapasan menjadi lebih panjang. Dampaknya? Tentu saja penyakit asma akan sembuh.

  • Menjaga keselamatan diri sendiri
Jika Sobat bisa berenang, setidaknya Sobat bisa self safety alias menjaga keselamatan diri sendiri. Dalam artian Sobat tidak perlu khawatir apabila suatu saat secara tidak sengaja tercebur ke sungai atau laut. Bermanfaat sekali, 'kan?

  • Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
Ini adalah manfaat renang gaya kupu-kupu, karena gaya kupu-kupu adalah gaya yang paling berat. Berenang dengan gaya kupu-kupu akan memaksa kinerja jantung dan paru-paru kita secara maksimal. Sehingga aliran darah akan menjadi lancar dan jantung akan berfungsi dengan optimal.

  • Membentuk otot
Jika kita membicarakan tentang membentuk otot maka ini adalah salah satu manfaat renang gaya bebas. Gerakan renang gaya bebas sangat dinamis meskipun gaya punggung juga termasuk dinamis. Hampir seluruh otot-otot pada tubuh bergerak, mulai kepala, leher, lengan, punggung, pinggul, sampai kaki bergerak semua. Jadi dalam satu olahraga saja semua otot akan terbentuk. Otot lengan, otot sayap, otot perut (six pack), sampai otot kaki akan terbentuk dengan baik. Namun untuk otot sayap, gaya kupu-kupu adalah gaya yang paling efektif untuk membentuknya.

  • Membakar kalori lebih banyak
Saat berenang, tubuh kita akan melawan massa air. Jadi tubuh terasa lebih berat saat bergerak di dalam air. Sehingga kebutuhan energi menjadi lebih tinggi, maka bisa secara efektif membakar kalori sekitar 24% kalori yang ada dalam tubuh Sobat.

  • Menghilangkan stres
Manfaat renang terhadap psikologis seseorang adalah menghilangkan stres. Ya! berenang bisa membuat hati dan pikiran Sobat lebih rileks. Inilah salah satu manfaat renang gaya dada. Karena renang gaya dada adalah gaya dengan gerakan paling basic alias dasar. Gerakannya bisa dilakukan dengan santai dan perlahan, hal ini mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi tentram dan pikiran pun menjadi lebih tenang.

  • Menambah tinggi badan
Bukan rahasia lagi kalau manfaat renang jika dilakukan secara baik dan teratur akan bisa menambah tinggi badan. Bagi Sobat yang masih dalam masa pertumbuhan dan memiliki cita-cita menjadi model atau pekerjaan yang dituntut memiliki tinggi badan yang ideal, maka lakukanlah olahraga renang .

Namun ingat ya Sobat! Sebelum melakukan olahraga apapun, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Karena dengan pemanasan, otot, paru-paru dan jantung Sobat seakan mendapatkan peringatan bahwa akan menjalani pekerjaan berat. Otot Sobat tidak akan terkejut dan tidak akan mengalami yang namanya kram otot atau yang lebih parah mengalami cedera otot.

Pemanasan bisa dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti mengayunkan dan melemaskan tangan, pinggul, dan kaki atau lari di tempat sekitar 10 menit.

Lalu masuk ke dalam air dan tahan nafas di dalam air selama 20 detik lalu naik dan tunggu 20 detik kemudian masuk lagi dan tahan napas 20 detik. Ulangi sampai 10 kali tahan nafas di dalam air.

Kemudian berenanglah dengan gaya dada secara santai 5 kali bolak-balik lebar kolam, lalu istirahat 1 menit. Lakukan 2-3 set. Setelah itu lakukan latihan renang seperti biasa.

Jangan lupa juga lakukan pendinginan setelah berenang supaya suhu tubuh dan detak jantung tidak turun secara drastis. Lakukan pendinginan dengan berenang gaya dada (gaya katak) atau gaya punggung dengan santai dan serileks mungkin selama 3 menit saja cukup.

Agar manfaat renang bagi kesehatan tubuh bisa didapatkan secara optimal sebaiknya imbangi dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin, terutama untuk tulang. Agar pertumbuhan tulang tidak terhambat dan tinggi badan yang diidam-idamkan bisa tercapai.

Itulah beberapa manfaat renang bagi kesehatan tubuh yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat, Stay Fit And Healthy

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel