Manfaat Puasa dan Cara Agar Tetap Bugar Selama Puasa

Manfaat Puasa - Dalam Agama Islam banyak sekali puasa wajib dan sunnah yang bisa dijalankan seperti puasa Ramadhan, puasa Senin-Kamis, puasa Rajab, puasa Arafah, dan lain-lain. Banyak manfaat yang dapat kita ambil saat berpuasa. Tak hanya melatih kita menahan hawa nafsu, namun juga baik untuk tubuh kita. Berikut manfaat lebih dari menjalani puasa.
Manfaat puasa bagi tubuh dan mental

Berikut Manfaat Puasa yang akan kita dapatkan.


  • Menyehatkan Pencernaan

Ya! Puasa dapat menyehatkan sistem pencernaan, Di waktu puasa, lambung dan sistem pencernaan lainnya akan istirahat selama lebih kurang 12 sampai 14 jam, selama lebih kurang satu bulan. Jangka waktu ini cukup mengurangi beban kerja lambung dari makanan yang bertumpuk dan berlebihan.

  • Mengurangi Berat Badan

Puasa dapat mengurangi berat badan yang berlebih. Dengan begini tentu saja dapat menghilangkan lemak dan kegemukan. Secara ilmiah diketahui bahwa rasa lapar tidaklah karena kekosongan perut dari makanan semata tapi juga dipengaruhi penurunan kadar gula dalam darah.

  • Membuang Sel Yang Rusak

Puasa bertindak sebagai operasi yang membuang sel-sel yang rusak atau lemah dari bagian tubuh yang sakit. Selanjutnya member kesempatan kepada peremajaan sel-sel sehingga lebih aktif.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Banyak sekali pakar peneliti yang memberikan laporan bahwa berpuasa bisa memberikan peningkatan pada produksi protein yang bermanfaat untuk otak. Protein tersebut akan memberikan bantuan dalam mengaktifkan sel-sel induk otak kita, sehingga otak kita dapat bekerja dengan maksimal. Jadi selama kita berpuasa, otak akan lebih sehat dan selalu memikirkan hal-hal yang positif tentunya.

  • Meningkatkan Kesehatan Mental

Salah satu manfaat dari puasa adalah meningkatkan kesehatan mental juga lho. Selama berpuasa di bulan Ramadan maupun puasa-puasa lainya, seseorang memiliki niat berpuasa akan benar-benar mempersiapkan tubuhnya untuk belajar mengendalikan nafsunya terhadap makanan, minuman, dan nafsu-nafsu lainnya. Ketika otak mulai melakukan proses pengendalian, maka otak akan belajar menyesuaikan pemikiran kita agar terpengaruh dengan keadaan di sekitar yang memancing amarah dan pikiran negatif lainnya, sehingga secara otomatis mental akan lebih sehat dan terjaga.

Sehat & Bugar Selama Puasa

Ingin terlihat aktif dan enerjik selama puasa? Jangan sembarangan menentukan langkah-langkah jitu untuk menghadapi datangnya bulan puasa. Tentu saja Anda tak ingin loyo saat menjalankan puasa, karena aktivitas Anda tidak ikut ‘berpuasa’. Berikut triknya agar Anda senantiasa sehat dan bugar.

Makanan tepat saat puasa

Pastikan makanan bersantap saat buka dan sahur Anda bermenu seimbang, yaitu mengandung karbohirat, lemak yang baik, protein, vitamin, mineral, dan serat. Agar metabolisme tubuh Anda tidak terganggu selama puasa, hindari makanan bersantan, pedas, dan kaya bumbu. Makanan jenis ini cepat merangsang panas dan menimbulkan keringat sehingga mengurangi kadar cairan dalam tubuh. Hindari pula makanan manis saat sahur karena berpotensi memicu pemakaian energi lebih banyak. Akibatnya Anda mudah mengantuk karena kekurangan energi dan asupan oksigen ke otak.

Sebaliknya, perbanyak sayuran, buah, dan minum air putih. Lakukan olahraga ringan sekitar 1-1,5 jam menjelang berbuka puasa selama maksimal 30 menit.

Itulah beberapa manfaat puasa yang bisa kami infokan untuk Sobat-sobat sekalian. Akhir kata Selamat berpuasa Kosmonesian!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel