7 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan - Buah kurma sudah dikenal dan dibudidayakan sejak kurang lebih 6000 SM, buah kurma merupakan salah satu buah termanis yang pernah ada dan juga kebetulan datang dalam berbagai varietas.

Meski kurma bisa dikonsumsi secara langsung, namun kebanyakan buahnya dikeringkan terlebih dahulu sampai menyerupai kismis sebelum dikonsumsi. Entah itu kurma yang masih segar atau pun kering, manfaat kurma bagi kesehatan masih cukup banyak.
Manfaat kurma bagi kesehatan
Kandungan Nutrisi Kurma
Jika Sobat mencari buah dengan kandungan serat, potasium, dan tembaga, semuanya ada di kurma. Meskipun kurma kaya akan nutrisi penting dan juga menawarkan banyak manfaat kesehatan, buahnya tergolong sangat kecil sehingga Sobat perlu mengonsumsi dalam jumlah agak banyak untuk memenuhi jumlah kandungan nutrisi yang diperlukan.

Data nutrisi di bawah ini menguraikan beberapa nutrisi utama yang ditemukan pada kurma, dan berdasarkan pada porsi 100 gram buah.

Serat - 6,7 gram. 27% RDA.
Kalium - 696 miligram. RDA 20%.
Tembaga - 0,4 miligram. RDA 18%.
Mangan - 0,3 miligram. RIA 15%.
Magnesium - 54 miligram. RDA 14%.
Vitamin B6 - 0,2 miligram. RDA 12%.

RDA adalah Recommended Dietary Allowance atau biasanya orang-orang menyebutnya Angka Kecukupan Gizi (AKG)

Apa saja Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Kita?

Kurma bukanlah pembangkit tenaga gizi jika dibandingkan dengan beberapa makanan lain seperti biji kiwi atau wijen, namun buahnya tetap menawarkan banyak manfaat kesehatan dibarengi dengan cita rasanya yang tinggi. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari kurma.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan dan Meredakan Konstipasi
Serat sangat penting untuk meningkatkan kesehatan usus besar dan membuat buang air besar menjadi teratur. Serat larut dan tak larut yang ditemukan pada kurma membantu membersihkan sistem pencernaan, menjadikan usus besar bekerja pada tingkat efisiensi yang lebih tinggi.

Beberapa manfaat kurma bagi tubuh lainnya yang berkaitan dengan serat dan kesehatan usus besar adalah mengurangi risiko kolitis, kanker usus besar, dan wasir.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Selain meningkatkan kesehatan usus besar, serat juga dikenal bisa meningkatkan kesehatan jantung.

3. Anti-inflamasi
Kurma kaya akan magnesium, mineral yang dikenal dengan manfaat anti-inflamasinya. Sebuah studi penelitian menemukan bahwa indikator inflamasi pada tubuh seperti CRP (protein C-reaktif), TNF (tumor necrosis factor alpha), dan IL6 (interleukin 6), semuanya berkurang saat asupan magnesium meningkat.

Selanjutnya, peradangan di dinding arteri juga berkurang dengan asupan magnesium. Berdasarkan sifat anti-inflamasi magnesium dan temuan penelitian ini, magnesium dapat secara efektif mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, artritis, penyakit Alzheimer, dan penyakit kesehatan terkait peradangan lainnya.

4. Mengurangi Tekanan Darah
Magnesium telah terbukti mampu membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, potasium adalah mineral lain pada kurma yang memiliki beberapa fungsi di dalam tubuh, salah satunya adalah membantu jantung agar bekerja dengan baik dan membantu mengurangi tekanan darah.

5. Mengurangi Risiko Stroke
Setelah melakuka evaluasi 7 penelitian yang diterbitkan selama periode waktu 14 tahun, para periset menemukan bahwa risiko stroke berkurang sebesar 9% untuk setiap 100 miligram magnesium yang dikonsumsi seseorang per hari. Penelitian ini dapat ditemukan di American Journal of Clinical Nutrition.

6. Menyehatkan janin dan mempermudah persalinan
Selanjutnya, manfaat kurma bagi kesehatan ada pada salah satu studi yang dilakukan oleh para periset di Universitas Sains dan Teknologi Jordania. Mereka menemukan bagaimana buah kurma mempengaruhi persalinan.

Setelah mempelajari 69 wanita selama satu tahun lebih satu bulan, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi buah kurma dalam 4 minggu terakhir sebelum persalinan secara signifikan memudahkan persalinan.

7. Meningkatkan Kesehatan Otak
Beberapa penelitian, seperti yang ditemukan di JAMA Internal Medicine, menemukan bahwa kadar vitamin B6 yang cukup berkaitan dengan peningkatan kinerja otak dan mendapatkan nilai tes yang lebih baik.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan secara ringkas bisa sobat baca pada daftar di bawah ini:
  • Menurunkan berat badan
  • Menghilangkan sembelit, membantu buang air besar secara teratur
  • Meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mengatasi diare
  • Mengatasi kekurangan zat besi (Anemia)
  • Mengurangi tekanan darah
  • Mencegah impotensi
  • Meningkatkan kesehatan pernafasan dan pencernaan
  • Memudahkan persalinan merupakan salah satu manfaat buah kurma bagi ibu hamil
  • Mencegah ambeien
  • Mencagah kondisi kronis seperti arthritis (pembengkakan dan kekakuan pada sendi)
  • Mengurangi risiko kolitis (peradangan usu besar kronis)
  • Mencegah kanker usus besar

Itulah beberapa manfaat kurma untuk kesehatan dan pengobatan.

Namun dari sekian banyak manfaat mengkonsumsi kurma setiap hari, ada juga lho efek samping buah kurma jika anda mengkonsumsinya berlebihan. Meskipun tidak semua orang akan mengalami efek samping yang sama.

- Kalorinya sangat tinggi, sehingga memicu peningkatan berat badan
- Kadar gula yang tinggi dapat memicu diabetes tipe-2 dan penyakit jantung
- Gula alami pada kurma dapat menyebabkan sakit perut bahkan menjadikan diare semakin parah
- Kandungan seratnya yang tinggi bisa menyebabkan perut kembung

Jangan lupa agar selalu berbagi semua manfaat kurma bagi kesehatan dengan teman dan keluarga Sobat!

Sumber: naturalsociety.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel