Fitbit Versa 2 vs Apple Watch 4 | Pilih Mana?

Hai Sobat Kosmo, Fitbit Versa 2 sudah diperkenalkan pada 28 Agustus 2019 lalu dan rencananya akan mulai diluncurkan pada pertengahan September 2019.

Fitbit adalah salah satu nama terbesar dalam perangkat wearable dan Fitbit Versa 2 datang sebagai pesaing untuk Apple Watch 4, perangkat terbaru dari Apple yang sudah diluncurkan September tahun lalu.
Keduanya adalah jam tangan pintar dengan menitikberatkan pada kebugaran, tetapi mereka juga memiliki banyak perbedaan, tak terkecuali harganya yang sangat jauh berbeda.

Kosmonesia telah membandingkan secara lengkap di bawah ini, sehingga Sobat Kosmo dapat melihat persis seberapa mirip atau tidak antara Fitbit Versa 2 versus Apple Watch 4.

Desain dan tampilan Fitbit Versa 2 vs Apple Watch 4


Fitbit Versa 2 memiliki tampilan yang mirip dengan Apple Watch 4, karena keduanya memiliki layar persegi dengan sudut membulat dan kecerahan hingga 1.000 nits. (nits adalah ukuran kecerahan/brightness)

Sementara Fitbit belum mengkonfirmasi ukuran atau spesifikasi yang tepat dari layar sentuh berwarna Versa 2. Yang kita tahu bahwa bodi arloji tersebut adalah 40mm.

Sedangkan Apple Watch 4 hadir dalam pilihan dimensi 40mm dengan layar 1,57in berukuran 394x324, atau berdimensi 44mm dengan layar 1,78in berukuran 448 x 368.

Fitbit Versa 2 hanya diciptakan dalam satu ukuran, ia memiliki strap berukuran kecil dan besar yang disertakan dalam kotak.

Apple Watch 4 bisa dibilang memiliki bentuk yang sedikit lebih premium

Kalau berbicara tentang tali pengikat atau yang biasa disebut strap, Fitbit Versa 2 hadir dengan strap berbahan silikon atau woven jika Sobat Kosmo membeli yang Special Edition.

Sedangkan Apple Watch 4 dilengkapi dengan tali sport, kulit, atau stainless steel. Apple Watch 4 dibungkus dengan material berbahan aluminium atau stainless steel, sedangkan untuk Fitbit Versa 2 selalu aluminium.

Perbedaan desain lainnya antara keduanya adalah bahwa sementara Apple Watch 4 memiliki digital crown, Fitbit Versa 2 hanya memiliki tombol standar.

Pada akhirnya kedua smartwatch tersebut secara visual terlihat sangat mirip, tetapi Apple Watch 4 bisa dibilang terlihat sedikit lebih premium, dan lebih customizable.

Fitbit Versa 2 vs Apple Watch 4 | Kebugaran dan Fitur

Kedua jam tangan ini tahan air hingga kedalaman 50 meter, sehingga Sobat Kosmo dapat menggunakannya dengan aman saat tracking kegiatan renang Sobat.

Tracking tersebut juga termasuk melacak aktivitas umum, plus pelacakan tidur, dan pelacakan untuk berbagai latihan yang berbeda, dibantu oleh monitor detak jantung.

Apple Watch 4 melangkah lebih jauh dalam segi fitur termasuk GPS, meskipun Fitbit Versa 2 hanya dapat terhubung ke GPS ponsel Sobat. Apple Watch 4 juga memiliki EKG (elektrokardiogram) yang dapat membaca ritme dan aktivitas jantung Sobat. Fitur ini tidak ada dalam tubuh Fitbit Versa 2.

The Fitbit Versa 2 memungkinkan Sobat berbicara dengan Alexa

Adapun fitur lainnya, Fitbit telah menambahkan Amazon Alexa ke Fitbit Versa 2, sehingga Sobat Kosmo dapat memanfaatkan kekuatan Asisten AI Amazon. Pemilik Apple Watch 4 terdapat fitur serupa dari Siri.

Kedua jam tangan tersebut juga dapat menampilkan pemberitahuan dari ponsel Sobat dan memungkinkan melakukan pembayaran digital tanpa kontak dengan Fitbit Pay atau Apple Pay.

Keduanya juga memiliki ruang penyimpanan untuk musik. Jadi ada banyak kesamaan juga di segmen ini. Tetapi GPS yang dimiliki Apple Watch 4 terasa seperti perangkat kebugaran yang lebih lengkap.

Fitbit Versa 2 vs Apple Watch 4 OS | OS, Fitur Lain dan Baterai

Berbicara mengenai operating system, Fitbit Versa 2 menjalankan Fitbit OS dan Apple Watch 4 menggunakan watchOS 5. Keduanya adalah sistem operasi smartwatch yang support dengan berbagai aplikasi, tetapi Apple Watch dengan OS versi 5 adalah yang lebih sempurna dari keduanya.

Apple Watch 4 juga hadir dalam versi LTE, sehingga Sobat dapat secara bebas melakukan panggilan telepon. Ini tidak ditawarkan oleh Fitbit Versa 2. Namun Apple Watch 4 cenderung memiliki daya tahan baterai yang lebih buruk.

Adapun dalam hal spesifikasi inti, Fitbit belum banyak memberitakan detilnya, tapi kami tahu ada ruang yang bisa digunakan setidaknya untuk 300 lagu. Bisa diartikan bahwa Apple Watch 4 memiliki 16GB penyimpanan yang kemungkinan lebih besar daripada Versa 2 dan juga chipset yang digunakan sudah S4 dual-core.

Layar Fitbit Versa 2 menggunakan amoled sehingga fitur Always On Display bisa disematkan dalam smartwatch ini. Jadi Sobat tidak perlu menggoyangkan tangan atau menyentuh layar untuk menghidupkannya.

Daya tahan baterai bisa menjadi salah satu segmen di mana Fitbit Versa 2 menang telak, karena menjanjikan bisa hidup lebih dari lima hari meskipun mengaktifkan Always On Display, sedangkan Apple Watch 4 hanya menjanjikan hingga 18 jam.

Dalam praktiknya, Apple Watch bisa bertahan hingga dua hari, meskipun pada akhirnya hal itu masih jauh dari klaim Fitbit untuk Versa 2.

Ketersediaan dan harga Fitbit Versa 2 vs Apple Watch 4

Apple Watch 4 keluar sekarang dan mulai dari $399/£399/AU $599 untuk model 40mm GPS saja, naik menjadi $429/£429/AU $649 untuk yang lebih besar 44mm.

Ingin yang versi LTE? Bisa didapatkan mulai dari $499/£499/AU $749 untuk model 40mm dan $529/£529/AU $799 untuk model 44mm.

Fitbit Versa 2 akan dipasarkan ke toko-toko AS pada 15 September dan akan tiba di wilayah lain dalam waktu yang tak lama setelahnya.

Harganya mulai £199,99/$199,95/AU $299,95, kecuali jika Sobat memilih Edisi Khusus yang dilengkapi dengan strap berbahan woven. Jadi kira-kira setengah dari harga Apple Watch 4 yang paling murah.

Kesimpulan Fitbit Versa 2 vs Apple Watch 4

Seperti yang Sobat Kosmo lihat sendiri, kedua smartwatch ini sangat mirip, tetapi masih lebih baik Apple Watch 4 yang menawarkan lebih banyak fitur dalam hal GPS dan beberapa fitur kecil lainnya.

Apple Watch 4 juga memiliki desain yang terlihat lebih premium, lebih banyak pilihan dalam hal gaya dan ukuran, ruang penyimpanan yang lebih luas, pilihan konektivitas LTE, dan masih banyak lagi.

Namun perlu diingat, daya tahan baterainya secara teori jauh lebih buruk dengan harganya yang dua kali lipat dari Fitbit Versa 2.

Jadi jika Sobat Kosmo menginginkan smartwatch alternatif yang terjangkau dan dapat bertahan hidup lama dengan GPS yang selalu terhubung dengan ponsel Sobat, maka Fitbit Versa 2 bisa menjadi pilihan yang kuat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel