Tips Menata Ruang Tamu atau Ruang Keluarga | Ruang Multifungsi

Dalam hal desain ruang tamu, sebenarnya tidak ada aturan yang tatap dan pasti, karena semua itu tergantung dari luas ruangan yang Sobat Kosmo gunakan dan akan difungsikan untuk apa ruang tamu tersebut.

Tips Cara Menata Ruang Tamu atau Ruang Keluarga

Apakah khusus ruang untuk menerima tamu atau ruang tamu yang multifungsi, dalam artian bisa digunakan sebagai ruang keluarga atau ruang bersantai yang kasual.

Cara Menata Ruang Tamu atau Ruang Keluarga

Ruang tamu multifungsi biasa digunakan di rumah dengan area yang sempit atau apartemen. Jadi ketika Sobat Kosmo mulai menelusuri ide-ide dekorasi ruang tamu untuk rumah Sobat, sebaiknya pertimbangkan tentang tujuan ruangan yang diinginkan dan fokus pada beberapa barang pokok, seperti sofa yang nyaman dan meja kopi, lalu pilih furnitur dengan aksen dan dekorasi yang sesuai.

Bagaimana cara menata ruang tamu atau ruang keluarga?

Saat mempertimbangkan berbagai ide tentang desain ruang tamu multifungsi, pastinya Sobat ingin menjadikan ruangan tersebut sebagai ruang yang bisa membuat keluarga dan tamu Sobat merasa nyaman, tetapi juga fungsional untuk kehidupan sehari-hari.

Jadi sebaiknya tentukan dahulu tentang warna ruang tamu tersebut. Kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk memilih warna yang sangat netral atau sebaliknya sangat berwarna-warni. Itu tidak masalah, tetapi berhati-hatilah untuk tidak berlebihan dengan kedua hal tersebut.

ruang keluarga menyatu dengan ruang makan

Jika Sobat Kosmo menggunakan aksesori dengan warna netral untuk barang-barang besar, seperti sofa, kursi, dan sandaran, maka gunakan aksesori dekoratif yang agak berani dan tegas, dengan begitu Sobat dapat dengan mudah mengganti printilan kecil saat skema warna baru sedang diaplikasikan.

Demikian juga, jika ingin sofa Sobat menjadi sebuah statement piece (benda/aksesori ngetrend yang menarik perhatian) maka kurangi dekorasi lainnya, sehingga dekorasi tersebut tidak sampai mencuri perhatian.

Jangan lupa juga dengan ide dekorasi ruang tamu berukuran sedang, seperti karpet dan gorden, yang merangkap sebagai fungsi dan dekorasi. Jika dilakukan dengan benar maka akan mempercantik tampilan ruangan Sobat tanpa meninggalkan fungsi utamanya.

Pencahayaan juga merupakan fitur penting untuk dipertimbangkan ketika mendekorasi ruang tamu.

Apakah Sobat lebih suka dengan desain dengan pencahayaan lampu yang menempel di plafon bersama dengan ornamennya, atau apakah Sobat perlu menempatkan lampu meja dan lampu lantai yang berdiri di pojokan? Salah satu pencahayaan tersebut dapat menjadi fitur desain yang ciamik dalam ruangan tersebut, serta menempatkan lampu yang menyorot pada dekorasi/aksesori lain yang ingin Sobat pamerkan akan bisa lebih mempercantik ruangan.


Dalam desain ruang tamu Sobat, usahakan posisi pencahayaan sesuai dengan kesenian atau kerajinan apa pun yang ingin Sobat terangi, dan ingatlah untuk memiliki tempat yang cukup terang untuk kegiatan terkait membaca.

Sobat juga dapat mengubah pencahayaan ruangan dengan warna cat yang Sobat pilih. Sebuah ruangan yang memiliki sedikit pencahayaan alami akan mendapat sedikit bantuan dari cat dengan warna yang terang dan lapang, sedangkan ruangan yang memiliki banyak penerangan dari sinar matahari akan memiliki lebih banyak kemudahan dalam pemilihan warna cat.

Apa yang harus ditentukan dalam mendesain ruang tamu atau ruang keluarga?

Ruang tamu pada dasarnya dimaksudkan untuk menerima tamu agar tamu tersebut nyaman saat berada di rumah kita, sementara ruang keluarga digunakan untuk kegiatan sehari-hari yang lebih kasual, seperti bersantai, bermain atau menonton TV.

Namun, saat ini banyak juga rumah yang didesain dengan ruang tamu yang merangkap sebagai ruang keluarga. Jika ruang tamu sobat terpisah dengan ruang keluarga, mungkin Sobat menggunakannya sebagai ruang duduk untuk minum dan mengobrol dengan tamu, tanpa ada gangguan seperti televisi.

Cara Menata pencahayaan Ruang Tamu

Ruang seperti ini lebih cocok diberi perabot formal dan pencahayaan dengan titik fokus yang menarik seperti seni lukisan, lampu lantai yang unik, gantungan mantel, kabinet kecil atau bahkan perapian, itu akan membantu memberikan tampilan dan nuansa nyaman dan modern.

Di sisi lain, jika ruang tersebut juga dimanfaatkan sebagai ruang keluarga maka sebaiknya didesain agar mudah dirapikan jika ada tamu yang datang tiba-tiba. Seperti penempatan TV, konsol game, rak mainan yang ringkas, ukuran sofa, home theater (jika ada), dan lain-lain, perlu dipertimbangkan dalam mendesain ruang tamu.

Pada akhirnya, pikirkan lagi kebutuhan Sobat ketika mempertimbangkan ide-ide untuk ruang tamu. Bagaimanapun juga, keluarga yang memiliki anak-anak kecil sebaiknya berikan ruang sendiri untuk bermain.

Perabot ruang tamu seperti apa yang harus dimiliki?

Karena ruang tamu dapat digunakan untuk berbagai tujuan, Sobat pasti ingin memasukkan berbagai furnitur yang berbeda untuk mencakup semua tujuan tersebut.

Saat mempertimbangkan ide dalam mendesain ruang tamu, mulailah dengan ukuran ruangan Sobat. Jika rumah Sobat umumnya memiliki ruang yang sempit, memiliki banyak rak, lemari atau laci akan sangat penting untuk mengakomodasi setiap kebutuhan penyimpanan.

Built-in adalah cara terbaik untuk mengakali ruang sempit, karena built-in membutuhkan lebih sedikit ruang dan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan Sobat, namun desain model yang satu ini lebih mahal dalam pengaplikasiannya.

Jika built-in tidaklah termasuk dalam ide-ide desain ruang tamu Sobat, mulailah dengan menata barang-barang besar terlebih dahulu, seperti pusat hiburan atau rak TV agar dapat menampung segala macam elektronik dan aksesori game, tempatkan rak buku agar kerapian buku tetap terjaga, bingkai foto dan pernak-pernik ditata sedemikian rupa agar bernilai seni.

cara menata ruang tamu multifungsi munimalis

Banyak ide dalam menata furnitur ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga. Seperti menempatkan meja kerja di tempat yang strategis atau meja sebagai tempat meletakkan benda-benda kerajinan, dan kursi yang praktis di dekat jendela sebagai tempat untuk membaca atau tidur siang.

Sobat pastinya juga butuh beberapa opsi tempat duduk yang dimasukkan dalam ruangan tersebut, mulai dari pilihan kursi kecil yang sederhana sampai sofa besar jika ruangan Sobat cukup luas dan memadai.

Meskipun ada banyak pilihan berbeda dalam desain ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, Sobat pasti ingin memiliki cukup tempat duduk ketika semua anggota keluarga berkumpul di tempat tersebut, ditambah satu atau dua kursi andai saja ada tamu yang datang.

Jadi berhati-hatilah jika ingin menjejalkan sofa yang terlalu besar ke ruang yang terlalu kecil hanya karena tergoda agar terlihat keren, tetapi malah mengorbankan space yang bisa digunakan untuk menempatkan perabot yang berpotensi membuat desain ruangan tersebut tampak lebih baik.

Dekorasi untuk ruang keluarga sempit

Tempat untuk meletakkan minuman atau makanan ringan, seperti meja samping, meja pojok atau meja kopi, adalah suatu keharusan.

Jika ruangan Sobat memiliki lebar yang cukup, sebuah ottoman bisa dimasukkan dalam daftar desain sehingga Sobat bisa bersantai sambil selonjoran di ruang tersebut. Tetapi sebaiknya lupakan jika dirasa ruangan tersebut kurang memadai dan ganti dengan deep sofa.

Berapa pun ukuran ruang Sobat, ada banyak inspirasi ruang tamu untuk dipilih. Untuk memulai merombak ruang tamu Sobat, buatlah gambar denah ruang tamu atau ruang keluarga tersebut agar memicu kreativitas ke dalam  ide-ide yang Sobat bayangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel