Kenali Tanda Alami Tubuh Kurang Serat

Serat pada makanan dikenal memiliki manfaat yang cukup signifikan bagi tubuh manusia. Bahkan, manfaat mengonsumsi serat di dalam dunia kesehatan sudah dikenal sejak 1970.

Serat makanan sebenarnya adalah bahan yang menyusun dinding sel tanaman yang biasanya terdapat dalam tumbuh-tumbuhan. Banyak fakta yang membuktikan bahwa orang yang sering mengonsumsi serat jarang mengalami sakit.

Tanda Alami Tubuh Kurang Serat

Makanan yang berserat dalam prosesnya akan diserap oleh saluran pencernaan. Ada dua macam serat yang biasa dikenal dalam dunia kesehatan, yakni serat yang larut dalam air dan serat yang tak larut dalam air.

Nah, jika Sobat Kosmo kurang asupan buah, sayur, dan biji-bijian, maka ada baiknya Sobat berhati-hati karena kekurangan serat makanan bisa menimbulkan potensi penyakit jantung, kanker, dan sebagainya.

Inilah Tanda Alami Tubuh Kurang Serat

Ada empat tanda utama yang perlu diperhatikan saat Sobat kekurangan serat.

  • Kurang serat mengakibatkan sembelit

Indikasi sembelit bisa dilihat dari kurangnya Sobat melakukan buang air besar dalam seminggu serta feses keras dan kering. Selain itu, sembelit juga bisa muncul karena kurang olahraga dan pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi.

Untuk mengantisipasi hal ini, ada baiknya Sobat mulai sering mengonsumsi apel, wortel, brokoli, dan biji-bijian secara bertahap. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan serat yang sangat bagus. Selain itu, upayakan untuk banyak minum air mineral dan berolahraga secara teratur.

  • Kurang serat menjadikan berat badan bertambah

Serat membuat Sobat cepat kenyang tapi dengan kualitas yang nyaman di perut. Bila Sobat tidak merasakan atau mengalami perasaan tersebut, ada baiknya Sobat mulai mengonsumsi serat sebanyak 25-35 gram sehari.

  • Fluktuasi kadar gula

Penyakit-penyakit seperti diabetes melitus dan sulit mengontrol kadar gula darah, salah satu faktor pemicunya tak lain adalah kurang serat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya tambahkan beberapa produk segar dan makanan tinggi serat ke dalam menu makanan untuk diet Sobat.

  • Mual terkait dengan diet

Konsumsi kalori yang sebagian besar diperoleh dari makanan tinggi protein atau rendah karbohidrat tidak hanya menaikkan kolesterol, tapi juga membuat Sobat lemah, mual, dan lelah. Karena itu, tingkatkan asupan serat dan kuangi makanan berlemak.

Makanan yang memiliki tinggi serat

Nah, sekarang Sobat sudah tahu bagaimana cara mengetahui apakah tubuh Sobat sudah cukup dipenuhi oleh serat-serat makanan atau belum. Jika ada salah satu indikasi di atas yang sering Sobat alami, ada baiknya Sobat segera memperbanyak menu yang mengandung serat pada makanan Sobat. Bila perlu segera konsultasikan dengan dokter-dokter terdekat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel