Manfaat Olahraga Terhadap Otak

Jika mendengar kata olahraga, apa hal pertama yang terlintas dalam benak Sobat?

Sehat.

Ya, pastinya secara umum kesehatan lah yang kita dapatkan jika berolahraga.

Nah, yang kita bahas kali ini adalah efek olahraga itu terhadap otak kita secara mendalam.

Dengan berolahraga, tubuh kita akan melakukan gerakan-gerakan yang membuat peredaran darah menjadi lancar, juga sekaligus membakar lemak dan kalori.

Tak hanya itu, dengan berolahraga kita bisa mengurangi risiko mengalami darah tinggi dan obesitas. Di mana kedua hal tersebut umum terjadi pada orang-orang yang tidak menjaga pola makannya.

Jika Sobat Kosmo termasuk orang yang susah menjaga pola makan, sebaiknya rutinlah berolahraga demi menjaga fitalitas tubuh Sobat. Jika bukan kita sendiri yang menjaganya, lalu siapa lagi?

efek olahraga aerobik terhadap otak

Perlu sobat Kosmo ketahui bahwa riset terbaru menunjukkan suatu manfaat-manfaat lain dari olahraga terhadap otak kita.

Lakukanlah olahraga minimal 10 menit setiap hari. Hal ini dapat membuat mental menjadi lebih sehat, pikiran menjadi jernih, stres mejadi berkurang dan memicu timbulnya perasaan bahagia.

Secara gamblang, Daniel Landers, seorang profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University, menjelaskan lima manfaat olahraga terhadap otak yang bisa kita dapatkan.

Manfaat Olahraga Terhadap Otak Yang Perlu Kita Ketahui 

  • Olahraga dapat meningkatkan kemampuan otak.

Melatih fisik secara rutin dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental.

Peningkatan-peningkatan tersebut terjadi karena meningkatnya jumlah oksigen dalam darah yang memiliki efek mempercepat aliran darah menuju otak.

Sehingga para ahli mempercayai bahwa hal tersebut dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik.

  • Olahraga dapat membantu menunda proses penuaan.

Penelitian membuktikan bahwa gerakan-gerakan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita di atas 65 tahun. Semakin sering dan lama mereka melakukannya, maka penurunan mental semakin lambat.

Kabarnya, banyak orang merasakan manfaat dari olahraga jalan kaki setelah sembilan minggu secara rutin melakukannya tiga kali dalam seminggu. Olahraga ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi. Cukup berupa jalan kaki di sekitar rumah.

Efek olahraga terhadap otak

  • Olahraga dapat mengurangi stres.

Olahraga dapat mengurangi kegelisahan atau stres. Bahkan lebih jauh lagi, bisa membantu Sobat Kosmo mengendalikan amarah.

Contoh paling mudah adalah latihan aerobik. Gerakan-gerakan dalam olahraga aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat kita lebih cepat menurunkan tingkat stres.

Ditambah lagi musik rancak yang kita dengarkan saat mengiringi gerakan-gerakan aerobik tersebut bisa membuat mood menjadi baik.

Aktivitas seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, dan lari/jogging merupakan contoh lain untuk olahraga terbaik dalam menurunkan tingkat stres.

  • Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika Anda senang melakukan olahraga meski tidak terlalu lama namun sering atau melakukan olahraga dengan durasi yang lama namun dengan santai, maka aktivitas itu bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin.

Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83 persen orang yang memiliki ganguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan.

Landers menjelaskan bahwa bagi orang-orang yang menderita depresi ringan dan sedang, melakukan olahraga minimal selama 16 minggu bisa menimbulkan efek yang sama dengan menelan obat antidepresi seperti Zoloft dan Prozac.

Sementara itu para peneliti dari Duke University dalam risetnya menemukan bahwa 60 persen orang depresi yang melakukan olahraga selama empat bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu dan setiap latihan selama 30 menit bisa mengatasi gejala depresi tanpa obat.

Meski tergolong langkah yang mujarab namun bukan berarti pengobatan bisa langsung dihentikan, apalagi bagi yang mengalami depresi berat.

  • Olahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Kepercayaan diri atau yang biasa disingkat dengan "PD" bisa juga didapat dari berolahraga. Pada umumnya semakin mahir seseorang dalam menguasai suatu jenis aktivitas, maka ia akan mengalami peningkatan kepercayaan diri.

Bahkan suatu riset membuktikan bahwa remaja yang aktif berolahraga merasa lebih percaya diri dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak melakukan kegiatan serupa.
manfaat olahraga terhadap otak
Itulah beberapa informasi tentang apa saja manfaat olahraga terhadap otak kita. Semoga Sobat Kosmo dapat memetik manfaatnya. Salam Sehat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel