Yang Perlu Kalian Tahu Tentang Prosesor Ice Lake | Intel 10th Gen

Spesifikasi Prosesor Intel Ice Lake

Hai, Sobat Kosmo. Ada kabar terbaru dari Intel. Prosesor generasi ke-10 Intel telah secara resmi diumumkan dengan diberi code name Ice Lake.

Pengumuman itu diungkapkan pada saat gelaran acara Computex 2019 yang baru-baru ini berlangsung.

Bahkan saat ini prosesor tesebut sudah dikapalkan ke berbagai manufactur laptop ternama. Kemungkinan akhir tahun 2019 ini sudah banyak beredar laptop atau ultrabook yang tertanam prosesor generasi ke-10 ini.

Intel mengungkapkan bahwa prosesor Ice Lake ini akan tersedia dengan varian dari Core i3, Core i5 dan Core i7. Entah, apakah Intel juga akan menyediakan varian Core i9 atau tidak.

Inilah semua hal yang perlu kalian ketahui tentang prosesor Intel Ice Lake terbaru.


CPU ini akan memiliki hingga empat core dan delapan thread. Dengan spesifikasi tersebut, diharapkan Ice Lake dapat menghasilkan kinerja yang luar biasa. Jika hal itu masih belum cukup powerful, Intel juga mengatakan bahwa chipset tersebut bisa di turbo boost hingga 4.1GHz.

Apa itu Intel Ice Lake?

Ice Lake adalah nama kode platform CPU terbaru dari Intel dan menjadi prosesor generasi ke-10 perusahaan tersebut. Prosesor ini akan menjadi chipset dengan fabrikasi 10nm pertama yang dipasarkan secara masal.

Fabrikasi 10nm menandai sebuah momen besar bagi Intel yang telah berusaha untuk mengecilkan chipset tersebut dari 14nm sejak 2016.

Memiliki komponen yang lebih kecil berarti lebih banyak transistor yang dapat ditancapkan pada prosesor tersebut. Dan konsekuensinya adalah meningkatkan kinerja prosesor tersebut.

Intel juga memiliki persepsi bahwa prosesor 10nm yang lebih kecil akan memungkinkan produsen laptop untuk membuat perangkat yang lebih tipis dan lebih ringan tanpa mengorbankan kinerja.

Sudah ada kabar dari Dell yang berpotensi menyematkan Intel seri Lake pada Dell XPS, namun masih belum ada informasi lebih lanjut tentang hal itu.

Bagaimanpun juga, Sobat Kosmo dan para pegiat teknologi saat ini pasti sudah mengetahui bahwa Intel masih tertinggal dari kompetitornya.

AMD sudah menggunakan prosesor dengan fabrikasi 7nm untuk prosesor terbaru mereka yang juga diumumkan pada gelaran CES 2019 ini. Prosesor tersebut dikenalkan dengan nama Ryzen 3. Wow banget yee kann??

Seberapa powerful-kah laptop dengan prosesor Intel Ice Lake nantinya?

Prosesor Ice Lake menggunakan hingga 4 core dan 8 thread. Frekuensi maksimum turbo dilaporkan bisa mencapai 4,1GHz. Sementara itu, grafis Iris Plus yang terintegrasi akan meningkatkan hingga 1.1GHz.

Jika mencermati angka-angka tersebut di atas, Intel mengklaim kinerja Ice Lake adalah 18% lebih cepat dari chipset Skylake.

Hal tersebut bukanlah lonjakan yang besar, mengingat Skylake merupakan prosesor generasi ke-6 yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2015 lalu dan sudah discontinued pada bulan Maret 2019.

Menurut Intel, platform ini juga akan menjadi yang pertama menampilkan dukungan Thunderbolt 3, Wi-Fi 6, dan teknologi DL Boost yang mengacu pada "Kepintaran Buatan" khusus Intel.

Spesifikasi Intel Ice Lake
Processor
Core i3, i5, i7
Thermal Design Power 9W, 15W, 28W
Cores/Threads Up to 4 Cores / 8 Threads
LL Cache Size Up to 8 MB
Max Turbo Frequency Up to 4.1 GHz
Graphics Configuration UIntel Iris Plus up to 64EU,   Intel UHD Graphics
Graphics Frequency Up to 1.1GHz
Integrated Thunderbolt 3 Up to 4x
Memory LP4/x-3733, DDR4-3200

Spesifikasi yang tampak mengesankan adalah arsitektur grafis yang terintegrasi pada Intel Ice Lake, yaitu Intel Gen11 terbaru. Arsitektur ini menawarkan dukungan untuk teknologi Intel Adaptive Sync yang berfokus pada permainan. Tujuannya adalah untuk memperlancar frame rates dan akan menawarkan kinerja hingga 1 TFLOP (Tera Floating Point Operations Persecond).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel