Camilan Kaya Kalsium Bagus untuk Diet dan Menyehatkan

Camilan Kaya Kalsium
'Ngemil' atau makan makanan ringan memang cukup mengasyikkan dalam mengisi waktu luang atau hanya 'menopang perut'. Namun terkadang kita sering terjebak dalam pola camilan yang kurang sehat. Tidak sedikit dari kita yang mengonsumsi makanan ringan yang bahkan merusak diet atau merusak metabolisme tubuh secara tidak langsung.

Sebenarnya, ada banyak makanan ringan yang cukup sehat dan membantu diet kalsium kita. Sejumlah makanan ringan memiliki kandungan kalsium yang dapat memenuhi kebutuhan kita sehari-hari untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi serta mencegah kalsium.

Makan camilan kaya kalsium sangat penting bagi anak-anak dan orang dewasa, terutama wanita. Semakin tua tulang kita semakin menipis secara alami. Pada wanita, proses penipisan tulang akan terjadi lebih cepat setelah menopause.

Namun jangan takut, karena jika kita pandai memilih camilan yang sehat dan mengandung kalsium yang cukup. kita bisa menghentikan penipisan tulang.

Camilan Kaya Kalsium yang Baik untuk Tulang dan Diet

Jadi camilan apa yang bisa membantu tubuh kita memenuhi kebutuhan kalsium harian? Sumber kalsium utama adalah dalam Produk Susu atau makanan olahan dari susu. Banyak makanan ringan yang kita temukan, berasal dari produk susu.
  • Biskuit
makanan yang mengandung kalsium
Biskuit yang mengandung banyak susu dapat memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Pilih biskuit yang memiliki dosis komparatif dengan segelas susu (misalnya, satu paket 100 gram setara dengan 1 cangkir susu).
  • Yogurt dan Keju
camilan sehat
Yoghurt dan keju juga merupakan pilihan yang baik untuk sumber kalsium. Yoghurt dapat dikombinasikan dengan berbagai buah atau isian lainnya seperti sereal atau biskuit yang mengandung mineral seperti fosfor dan magnesium.

Karena kedua mineral ini dapat berkontribusi pada penyerapan kalsium yang lebih baik. Anda juga dapat memilih kue, biskuit, atau wafer yang kaya akan keju.
  • Salad
cemilan kaya nutrisi
Salad berbumbu keju dan sayuran hijau bisa menjadi pilihan yang baik di sore hari. Sayuran hijau ini termasuk bok choy, lobak hijau, sawi dan kol Cina, kita juga bisa membuat sup sayuran yang dipadukan dengan camilan kedelai.

Kedelai dan olahannya juga mengandung cukup kalsium, yang baik untuk tulang. Setidaknya 50 gram tahu mengandung 258 miligram kalsium.

Selain tinggi kalsium, makanan kedelai mengandung cukup isoflavon yang membantu kalsium dalam tulang. Efek positif ini bermanfaat bagi wanita setelah menopause.
  • Ikan Salmon
makanan tinggi kalsium rendah lemak
Salmon juga merupakan sumber asupan kalsium yang baik. Kandungan kalsium dan vitamin D dari salmon dan omega-3 sangat baik untuk mencegah penipisan tulang dan osteoporosis, terutama bagi orang di atas 50 tahun. Makanan ringan seperti Sushi atau Onigiri dengan ikan salmon selain enak juga bisa menyempurnakan diet kalsium Anda.
  • Kacang Tanah
makanan tinggi kalsium untuk ibu hamil
Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan tulang. Almond, Pistachio dan biji bunga matahari (seperti Kuaci) mengandung banyak kalsium. Kacang tanah dan kacang almon mengandung kalium yang melindungi hilangnya kalsium dalam urin.

Kacang-kacangan juga mengandung protein dan nutrisi lain yang mendukung perkembangan tulang yang kuat.

Satu hal yang sangat penting untuk menemukan camilan sehat untuk tulang adalah menghindari kadar garam berlebihan. Tidak peduli berapa banyak camilan kaya kalsium yang kita makan, jika kita makan camilan yang terlalu "asin" atau tinggi garam, diet kalsium kita akan terganggu.

Garam adalah penyebab utama penurunan kalsium dalam tubuh. Terlalu banyak garam akan melarutkan kalsium dan membuangnya dalam urin.

Jadi jangan takut lagi untuk ngemil disaat sedang diet, pilihlah cemilan kaya serat dan cemilan kaya protein yang berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel