Mengatasi Perut Kembung dengan Buah dan Sayuran Alami

Perut kembung bisa saja dialami oleh siapa saja tanpa terkecuali, baik itu bayi, anak-anak, pria maupun wanita. Dan tak mengenal usia, semua bisa terkena gejala perut kembung. Perut kembung terkadang sangat tidak nyaman dan mengganggu.
cara alami Mengatasi Perut Kembung
Perut terasa kembung bisa disebabkan oleh makanan dan terlalu banyak gas atau udara di dalam perut. Perut kembung itu bisa sembuh dengan sendirinya, tanpa mengkomsumsi obat maupun jamu. Jadi anda tak perlu terlalu khawatir, namun memerlukan waktu yang cukup lama.

Banyak sekali disekitar kita yang tanpa kita sadari terdapat makanan penghilang perut lembung seperti, buah dan sayuran. Bahkan ada juga bumbu dapur yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa mual dan kembung.

Cara ini terbilang aman dan tanpa efek samping, berbeda jika anda mengkonsumsi obat untuk perut kembung. Karena setiap obat perut kembung, pasti memiliki dosis dan efek samping yang berbeda. Oleh karena itu gunakanlah cara aman menghilangkan rasa perut gembung dan begah secara alami.

Makanan untuk Perut Kembung Tanpa Efek Samping

Jika anda sedang mengalami perut terasa kembung, anda bisa mencoba mengkonsumsi buah dan sayuran berikut. Cara ini aman bagi kesehatan karena tanpa dosis seperti yang terkandung pada obat masuk angin dan perut kembung.

Memang hasilnya tidak sekaligus mampu menghilangkan perut kembung, namun nyatanya sangat mujarab dan alami.
  • Jahe
Mungkin sudah banyak yang mengetahui jika jahe memiliki banyak manfaat untuk tubuh maupun masakan. Selain itu banyak juga minuman dan makanan yang berbahan dasar dari jahe.

Khasiat jahe untuk tubuh ialah mampu mengatasi semua masalah pada perut seperti, kembung da mual. Selain itu jahe juga berkhasiat untuk menghangatkan dan meningkatkan vitalitas tubuh.
  • Daun Rosemary dan Kunyit
Bumbu dapur yang bernama kunyit ini juga sangat bagus untuk mengusir rasa kembung pada perut jika dipadukan dengan tanaman rosmarin.

Tanaman rosemary berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit, mulai dari perut mules dan sakit kepala, sakit gigi dan tekanan darah tinggi. Kunyit dan rosemary mampu mengusir perut kembung karena banyak zat racun didalam perut.
  • Seledri
Siapa sangka jika seledri ini memiliki khasiat untuk mengusir rasa begah pada perut, seledri memiliki kandungan air yang cukup tinggi dengan sistem detoksifikasi.

Manfaat seledri selain sebagai penghias (toping) makanan, ternyata bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Caranya cukup mudah, anda dapat langsung memakan beberapa daun seledri secara langsung, namun jika tidak tahan dengan aromanya, bisa juga dibuat jus seledri.
  • Jeruk Lemon
Mungkin tidak semua orang mengetahui, jika air jeruk lemon bisa mengusir rasa begah dan kembung pada perut. Karena buah lemon adalah diuretik alami yang lembut jika dicampur dengan air putih hangat.

Manfaat buah lemon yang dicampur air hangat ialah dapat mengurangi banyaknya gas diperut, yang menyebabkan perut menjadi kembung.

Caranya cukup mudah, campurkan irisan jeruk lemon dengan 1 gelas air hangat, dan usahakan meminumnya tidak menggunakan sedotan.
  • Buah Melon
Buah melon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, selain rasanya enak dan segar, ternyata melon juga berkhasiat untuk menghilangkan perut kembung.

Hal itu dikarenakan buah melon mempunyai 90% kandungan air, serta memiliki sifat diuretik alami serta sumber kalium yang bagus.
  • Pisang
Kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang ternyata sangat bagus juga untuk mengusir perut kembung, selain mengenyangkan.

Makanan kaya kalium mampu mengeluarkan sodium dan air, meski dengan memakan buah pisang tidak langsung dapat menyembuhkan perut kembung. Akan tetapi rasa begah dan kembung akan sedikit demi sedkit akan hilang.

Meski begitu, makan satu buah pisang tidak serta-merta dapat langsung menyembuhkan kembung, namun keluhan dapat berkurang secara perlahan.
  • Buah Alpukat
Jika Anda sedang diet rendah karbohidrat seperti diet keto, buah alpukat adalah sumber kalium dan antioksidan yang sangat baik.

Selain itu, buah alpukat juga berkhasiat untuk meredakan perut kembung. Anda bisa makan alpukat secara langsung maupun diblender.
  • Buah Nanas
Buah nanas mengandung enzim pencernaan yang disebut bromelain, yang membantu tubuh Anda memecah protein yang dapat menyebabkan masalah perut kembung.

Tips Mencegah Perut Kembung dengan Mudah

1. Istirahat yang cukup.

2. Jangan makan terlalu banyak.

3. Selalu perhatikan asupan nutrisi untuk tubuh dengan mengkonsumsi makan segar dan sehat.

4. Hindari minuman yang mengandung alkohol.

5. Jika perut kembung akibat sembelit dan susah BAB, perbanyak makanan yang mengandung air.

6. Jika masalah perut kembung anda tidak berkurang dengan makanan diatas, segera konsultasikan dengan dokter.

Itulah cara mudah mencegah perut kembung dengan mudah tanpa meminum, namun perlu di ingat. Jagalah kesehatan, jangan lupa olahraga. Krena kesehatan Anda lebih penting dari segalanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel