Meringankan DOMS atau Kelelahan Setelah Fitness

Meringankan DOMS kelelahan setelah fitness - Fitnes adalah kegiatan olahraga guna membentuk dan meningkatkan masa otot-otot tubuh atau fisik yang dilakukan secara rutin untuk menjaga fitalitas tubuh.

Fitness sekarang tidak hanya digemari oleh kaum lelaki melainkan juga digemari oleh wanita yang ingin mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan.

Namun hati-hati saat melakukan kegiatan fitnes, karena anda bisa saja mengalami DOMS yang dapat mengganggu kegiatan harian anda.
meringankan-DOMS-atau-kelelahan-setelah-fitness

Lalu apa sih DOMS itu?

Pastinya anda pernah mengalami ketika pertama kali fitness badan sakit semua. Itulah yang dinamakan Delayed Onset Muscle Soreness alias DOMS.

DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) adalah rasa sakit yang munculnya beberapa saat (tertunda) setelah melakukan latihan.

Sakit nyeri otot ini akan terasa saat kita menjalankan aktifitas dan apabila tidak beraktifitas maka tidak akan terasa.

Ini adalah salah satu jenis kelelahan otot yang disebabkan aktifitas olahraga atau setelah fitnes pertama.

DOMS terjadi karena kurangnya pemanasan, intensitas olahraga atau kerja pada otot yang berlebihan.

Sebagai contoh adalah ketika anda melakukan olahraga atau latihan dengan keras atau bisa juga ketika mengukuti perlombaan yang dilakukan secara habis-habisan dan sekuat tenaga.

Selain itu bisa juga terjadi setelah fitness berlebihan yang dilakukan pertama kali oleh pemula.

DOMS bisa juga terjadi akibat kondisi fisik yang kurang sehat tetapi tetap dipaksakan untuk melakukan fitness atau olahraga.

Sehingga menyebabkan otot yang terlalu lemah karana tidak fit tersebut merasa tidak kuat melakukan kegiatan yang sangat berat dan menjadikan rentan cedera robek atau otot pecah setelah fitness.
Baca juga: Manfaat Jogging di Pagi dan Sore Hari untuk Kesehatan
DOMS disebabkan oleh kerusakan mikroskopis otot. Kerusakan ini dapat terjadi ketika pertama kali melakukan latihan fitness atau merubah pola latihan fitness menjadi lebih keras.

Itulah kenapa sehabis fitnes badan sakit semua. Jadi meringankan DOMS atau kelelahan setelah fitness itu penting untuk diketahui.
delayed-onset-muscle-soreness-training

Cara meringankan DOMS/kelelahan otot setelah fitness:

Hentikan aktifitas olahraga sejenak supaya tubuh kita dan juga otot berhenti melakukan aktifitas yang bisa menyebabkan DOMS menjadi lebih parah.

Lakukan recovery dengan cara beristirahat. 24 jam adalah waktu minimal recovery yang diperlukan oleh otot.

Makan makanan bergizi serta pijatlah yang merasa sakit dengan benar dan bila perlu pergilah ke seseorang terapis yang benar-benar mengetahui bagaimana cara meredakan DOMS.

Lakukan terapi dengan cara berendam kontras (Contrast Bath Therapy). Yang dimaksud dengan berendam kontras adalah kita merendam tubuh kita ke dalam air dingin lalu merendam ke dalam air hangat.

Lebih baik lagi di rendam ke dalam air hangat yang telah di campur dengan garam yang menjadikan DOMS lebih ringan.

Bisa juga menggunakan salep atau gel serta cairan pereda nyeri otot atau peradangan pada otot dengan takaran sewajarnya.

Lakukan aktifitas yang tidak terlalu berat saat merasa nyeri, karena aktifitas yang berlebihan akan menyebabkan DOMS menjadi lebih parah.

Dilarang melanjutkan olahraga berat saat mengalami DOMS. Karena bisa menjadikan kelelahan otot yang semakin parah bahkan bisa mejadi penyebab otot pecah setalah fitnes.

badan sakit saat pertama fitnes
Artikel menarik lainnya:

Mengobati itu sangat penting saat terkena DOMS, tetapi lebih baik mencegah.

Berikut ini cara mencegah otot mengalami DOMS:

Selalu melakukan pemanasan sebelum melakukan aktifitas olahraga atau fitness dengan cara (senam dan stretching ringan).

Lakukan juga pendinginan setelah fitness dan olahraga.

Minum yang cukup karena tanpa cairan akan menjadikan otot mudah mengalami soreness (kelelahan) bahkan bisa juga mengalami kram.

Segeralah kompres menggunakan es jika mulai merasa pegal, juga boleh dilanjutkan mandi air hangat, lebih bagus lagi jika menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam.

Cukupi asupan gizi pada tubuh anda guna memperbaiki masa otot. Gizi sebelum latihan, saat latihan dan juga setelah latihan harus selalu terpenuhi.

Tidur yang cukup. Tidur adalah cara yang paling tepat dan terbaik untuk membangun atau memperbaiki otot yang rusak karena latihan, agar menjadi otot baru yang lebih kuat dari sebelumnya.

Tidur juga menambah (mengembalikan) tenaga serta menjadikan kita tidak mudah lelah dan lebih kuat saat menjalani fitness.

Pijat olah raga. Terapi yang sesuai akan menjadikan otot kita cepat pulih, namun juga perlu agar berhati-hati.

Terapi yang tidak tepat akan menjadikan otot semakin rusak. Jadi saat melakukan pemijatan sebaiknya harus dilakukan oleh pemijat yang profesional dan benar-benar mengerti bagaimana cara menyembuhkan DOMS.

    Kapan DOMS itu mulai terasa?

    Biasanya DOMS baru terasa ketika keesokan harinya saat kita bangun setelah tidur.

    Paginya kita akan merasakan pegal atau nyeri pada otot yang kita forsir latihan serta susah bergerak secara normal hingga tubuh kita juga akan merasa sangat kaku.
    kenapa-habis-fitnes-badan-sakit-semua
    Jika kita terkena DOMS yang ringan maka masa penyembuhannya bisa saja hanya berlangsung selama 2 sampai 4 hari.

    Namun apabila kita mengalami DOMS yang lebih berat maka kita akan mengalami rasa sakit atau nyeri otot yang akan pulih dalam waktu seminggu setelah fitnes.

    Bahkan bisa lebih jika kita baru pertama kali menjalani program fitnes.

    Otot sakit setelah fitnes pertama tersebut hanya terjadi pada bagian-bagian otot tubuh tertentu yang kita latih, misalnya pada otot biceps, triceps, sayap, dan lain-lain.

    Apabila DOMS tidak kunjung sembuh maka segeralah pergi ke dokter untuk memeriksakan DOMS tersebut.
    Baca juga: Penyebab-penyebab Program Fitnes Yang Anda Lakukan Gagal
    Bagi anda yang menyukai fitness hendaknya memperhatikan kondisi tubuh serta memahami porsi fitness yang akan dilakukan.

    Semua pemahaman itu perlu dilakukan agar sesuai dengan kekuatan otot yang dimiliki, supaya tidak terjadi DOMS.

    Jadi berlatihlah dengan aman dan Salam Sehat!!!

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel