Tips Cara Jogging yang Benar, Hindari Kesalahannya!

Cara Jogging yang Benar - Olahaga yang satu ini tentu terkesan santai karena terlihat begitu rilex sehingga tidak memerlukan batasan waktu untuk hasil pencapaian akhirnya.

Olahraga ini idealnya dinamakan jogging yang merupakan bentuk berlari ringan atau berjalan secara cepat dengan tujuan menyerap oksigen serta memfungsikan jantung agar bekerja lebih cepat dari biasanya. Itulah manfaat dari lari jogging bagi tubuh kita.

Tips Cara Jogging yang Benar

Jogging bisa dilakukan pada pagi hari dan juga sore hari, oleh karena itu jogging merupakan salah satu aktifitas olahraga yang paling digemari banyak orang.

Karena selain sangat menyenangkan aktifitas jogging juga bisa dilakukan di mana saja.

Sehingga dapat dianggap menjadi bagian dari hiburan yang menyehatkan badan ketimbang harus bermalas-malasan di rumah saja.

Meskipun tergolong olahraga santai, saat Sobat jogging akan lebih baik jika Sobat melakukanya dengan cara yang benar dan tepat agar mendapatkan manfaat dari jogging secara maksimal dan terhindar dari cidera.

Cara Jogging yang benar agar mendapat manfaat dari lari pagi

Baiklah, berikut ini adalah kesalahan dalam jogging yang harus dihindari, antara lain:

  1. Salah sepatu
Menggunakan sepatu lari yang salah akan mengakibatkan cidera. Maka dari itu pahamlah bentuk kaki Sobat dan cocokkan dengan cara berlari Sobat.

Solusinya: Kunjungi toko sepatu dan cari sepatu yang benar-benar pas dan nyaman untuk berlari dengan cara memahami bentuk kaki dan bagaimana cara berlari Sobat.

Ketika sudah menemukan sepatu yang tepat, setidaknya Sobat harus memiliki sepatu sejumlah dua pasang untuk digunakan bergantian setiap kali jarak jogging Sobat telah mencapai sejauh 400 kilometer.
persiapan-jogging-dan-manfaat-jogging-di-pagi-hari
Sepatu yang sudah dipakai berlari dengan jarak tempuh tersebut setidaknya telah memiliki bantalan sol yang telah berubah bentuk dan berkurangnya perlindungan terhadap langkah ketika berlari yang dapat menyebabkan cidera pada kaki.

  1. Terlalu cepat dan terlalu sering
Kesalahan ini biasanya terjadi pada para pemula-pemula yang melakukan jogging. Karena mereka masih merasa semangat dan berambisi untuk berlari.

Tetapi hal ini malah akan menyebabkan kaki kita cepat lelah bahkan cidera yang disebabkan oleh otot pada kaki kita merasa kaget ketika awal melakukan jogging yang langsung dilakukan secara cepat dan terlalu sering.

Solusinya: Bersabarlah saat berlari serta menikmati suasana kanan dan kiri kita, frekuensi jarak dan intensitas.

Terutama jika Sobat baru pertama kali harus perhatian dengan kecepatan berlari dan jika ingin semakin cepat maka tambahlah kecepatan tetapi secara perlahan dan bertahap.

  1. Tidak memperhatikan jarak tempuh
Kesalahan ini juga sering terjadi pada pemula. Karena terlalu semangat sehingga tidak memperhatikan jarak tempuh ketika berlari.

Jika Sobat terlalu jauh ketika melakukan jogging dan memaksakan kaki untuk berlari ketika sudah capek, hal ini akan menyebabkan DOMS atau nyeri setelah olahraga.

Solusinya: Sebaiknya Sobat mengetahui benar kondisi kekuatan tubuh Sobat, terutama kaki. Sehingga Sobat bisa mengetahui jarak yang baik untuk tubuh Sobat.

Jika Sobat ragu kekuatan jarak tempuh kaki Sobat, lakukan jogging di sebuah lapangan. Lakukan beberapa putaran sampai cara berlari Sobat yang benar berubah.

Itulah kemampuan jarak tempuh berlari Sobat. Karena berubahnya konsentrasi berlari sudah cukup memberitahukan bahwa tubuh Sobat sudah lelah.

  1. Lupa mengatur pernapasan
Pernapasan adalah hal yang penting dalam melakukan jogging, karena pernapasan adalah salah satu cara jogging yang benar agar tidak cepat lelah. Jika sobat tidak mengatur pernapasan ketika berlari, maka Sobat akan mudah capek dan napas akan terengah-engah meskipun hanya sekedar jogging.

Pasokan oksigen dalam tubuh akan tidak normal yang biasanya ditandai dengan pusing, bahkan sedikit mual.

Solusinya: Cara mengatur napas saat jogging, yaitu bernapaslah dengan irama yang sesuai langkah kaki Sobat. Hiruplah udara melalui hidung dan keluarkan melalui mulut.

Lakukan dengan hitungan langkah Sobat, 3-5 langkah menghirup dan 3-5 langkah menghembuskan udara, sesuaikan saja. Bernapaslah dengan serileks mungkin.

  1. Kurang pemanasan atau peregangan
Meskipun jogging bisa dikatakan sebagai bentuk sebuah pemanasan sebelum berolahraga berat, namun alangkah baiknya jika Sobat melakukan pemanasan telebih dahulu.

Kurangnya pemanasan cukup berakibat fatal, terutama untuk kaki dan pinggang yang bekerja lebih keras ketika melakukan jogging.

Karena seluruh berat tubuh Sobat bertumpu pada kedua bagian tubuh tersebut ketika mendarat.

Solusinya: Lakukan pemanasan untuk melemaskan dan meregangkan otot pada bagian pinggul, pangkal paha, lutut dan pergelangan kaki.
teknik jogging yang benar

  1. Overstriding
Overstriding adalah saat melakukan jogging kita melangkah terlalu panjang, sehingga kaki mendarat menggunakan tumit pada titik jauh di depan pusat gravitasi tubuh.

Hal ini bisa menyebabkan cedera pada pinggang dan pangkal paha Sobat.

Solusinya: Pastikan saat jogging postur kaki tidak menerjang ke depan. Cukup dengan langkah kecil untuk menjaga agar ketika kaki Sobat mendarat, tubuh Sobat tepat berada di atas pendaratan kaki Sobat.

Hal ini juga akan menjaga fokus Sobat dalam mendarat menggunakan telapak kaki dari bagian tengah sampai depan, bukan mendarat dengan tumit.

  1. Tidak memperhatikan pergerakkan tubuh atas
Mengayunkan tangan ke samping dapat menyebabkan tubuh menjadi bungkuk dan mempengaruhi cara bernapas.

Hal ini dapat menambah rasa lelah dan menyebabkan ketegangan di daerah bahu dan di daerah leher.

Solusinya: Posisikan badan bagian atas Sobat sedikit condong ke depan dan tangan ditekuk setinggi pinggang.

Pergerakan tangan terjadi di bahu bukan di siku sehingga mengayun ke depan dan ke belakang bukan kesamping.

  1. Salah pakaian
Menggunakan pakaian yang tidak menyerap keringat dengan cepat tentu saja merupakan kesalahan saat jogging yang harus dihindari.

Karena pakaian yang bisa menyerap keringat dengan cepat akan dengan cepat menguapkan keringan yang diserap oleh baju tersebut sehingga dapat menjaga suhu tubuh agar tetap normal.

Solusinya: Sebaiknya gunakan pakaian dengan bahan yang bisa menyerap keringat dengan cepat apalagi jika Sobat menggunakan jaket ketika jogging.

  1. Kurang nutrisi
Kurang nutrisi atau malnutrisi akan menyebabkan tubuh mudah lelah dan sistem kekebalan tubuh Sobat akan menurun. Sehingga Sobat akan mudah terserang virus dan penyakit meskipun Sobat sedang dalam aktifitas olahraga.

Dan ciri-ciri malnutrisi paling mudah diketahui adalah Sobat akan mudah berubah mood atau suasana hati.

Secara tidak langsung hal ini akan menggangu aktifitas jogging Sobat yang pada awalnya bersemangat berubah menjadi malas melakukan jogging.

Solusinya: Sebelum dan sesudah melakukan kegiatan jogging sebaiknya Sobat mengkonsumsi makanan atau minuman yang bernutrisi. (dianjurkan yang mengandung vitamin C)

Dalam hal ini Sobat bisa mengkonsumsi buah-buahan yang memang kaya akan vitamin dan nutrisi. Dan hal ini juga akan membuat Sobat mendapat manfaat jogging untuk diet alami yang Sobat jalani.

  1. Kurang hidrasi (Dehidrasi)
Banyak orang yang tidak memperhatikan dan meremehkan jumlah cairan tubuh saat jogging.

Hal ini akan mengakibatkan dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh yang bisa menyebabkan mudah lelah dan lemas bahkan bisa sampai mual-mual dan gampang kram otot.

Solusinya: Sebelum dan sesudah berlari Sobat dianjurkan minum air putih yang cukup agar menggantikan cairan tubuh yang keluar saat berkeringat ketika melakukan aktifitas jogging.

Juga agar tidak merasakan haus yang berlebihan hingga dehidrasi.
cara melakukan jogging yang benar agar tidak cepat lelah

Jadi kesimpulannya adalah kita juga harus benar-benar memperhatikan teknik cara lari jogging yang benar dan menghindari kesalahan-kesalahan saat jogging.

Semua itu perlu dilakukan agar setelah kita melakukan aktifitas tersebut kita akan mendapatkan manfaat berupa kesehatan dan manfaat-manfaat lainnya.

Bukannya malah cidera dan menjadi sakit karena tidak memperhatikan kesalahan-kesalahan tersebut.
Baca juga: Manfaat jogging pagi dan sore hari
Akhir kata, semoga Sobat mendapat manfaat dari lari pagi, selamat beraktifitas, tetaplah sehat untuk membangun generasi yang sehat dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel