Yoga untuk Ibu Hamil, Begini Caranya

Kosmonesia.com - Banyak sekali olahraga-olahraga yang bisa dilakukan oleh bumil, salah satunya adalah olahraga yoga. Gerakan yoga untuk ibu hamil tersebut bertujuan untuk memberikan ketenangan terhadap ibu dan janin. Karena bahwasanya ibu hamil mudah sekali stress dengan emosi yang berubah-ubah.

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Apa sih yoga itu?

Namun sebelum kita bahas lebih lanjut, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian senam yoga dan sejarah yoga itu.

Yoga, yang berarti "penyatuan" dalam artian menyatu dengan alam. Dikembangkan oleh seorang Hindu India bernama Patanjali.

Tujuannya adalah untuk meregangkan otot, menguatkan tubuh dan meningkatkan konsentrasi.

Manfaat yoga yang lain juga bisa membantu Sobat menenangkan pikiran dan rileks jika Sobat sedang mengalami masalah.

Tak heran disiplin kuno ini telah menjadi populer di kalangan entertainer modern dan atlit.

Tergantung pada siapa yang mempraktikkannya, yoga bisa jadi hanya serangkaian latihan atau bisa menjadi gaya hidup.

Manfaat yoga dalam kehidupan bersosialisasi.

Beberapa yang berlatih yoga, yang disebut yogis, mencoba menggunakan disiplin ilmu tersebut untuk mencapai tingkat kesadaran yang tinggi.

Mereka menghormati abstain tertentu (hal-hal yang tidak boleh dilakukan), seperti tidak berbohong, mencuri, menjadi serakah atau merugikan orang lain.

Mereka juga mempraktikkan amalan tertentu (hal yang harus dilakukan), seperti bersikap bersih, puas, pengendalian diri, rajin dan setia.

Kontrol fisik juga penting dalam yoga. Yogis melatih diri untuk menarik napas dalam-dalam.

Mereka mempertimbangkan untuk menghirup kekuatan hidup, menghitung umur tidak dalam hitungan tahun, tetapi dengan jumlah nafas yang diambil.

Yoga Berbeda dengan Olahraga Biasa.

Tidak seperti latihan pada umumnya yang bekerja hanya pada pelatihan kekuatan otot, yoga juga membantu tubuh menjadi fleksibel.

Akibatnya, beberapa pose dalam latihan yoga yang disebut dengan asanas terlihat sedikit aneh, dan mungkin berpikir bahwa Sobat harus menjadi manusia karet untuk bisa melakukannya. Tidak harus seperti itu juga, Sobat hanya perlu santai.

Dalam gerakan yoga dasar untuk pemula, Sobat tidak perlu memaksakan diri melakukan pose peregangan tubuh yang sulit-sulit.

Sobat hanya perlu melakukan yang terbaik yang bisa Sobat lakukan saat ini dan kemudian bisa melanjutkan ke tingkat lebih sulit secara perlahan.

Semua gerakan yoga menuntut keseimbangan dan konsentrasi.

Dan penyebab Sobat tidak bisa menyeimbangkannya adalah karena Sobat terlalu memikirkan acara TV kemarin malam (haha... bercanda).

Belajarlah berkonsentrasi saat melakukan yoga dan Sobat akan lebih bisa berkonsentrasi di bidang apapun bahkan sekolah dan pekerjaan.

Latihan yoga dengan gerakan menyalin alam. Banyak pose yoga dan manfaatnya yang dapat ditelusuri ke bentuk makhluk hidup, seperti kobra, kucing, anjing, kura-kura, kepiting dan elang.

Semua latihan yoga meningkatkan kekuatan dan ketenangan. Setiap efek gerakan pada otot, kelenjar atau pusat saraf dipikirkan dengan matang.

Sobat dapat memilih latihan tertentu untuk menghilangkan rasa sakit tertentu, seperti sakit punggung atau nyeri kaki akibat jogging.

Yoga dapat membantu kondisi Sobat ketika bermain ski atau membantu Sobat mengendalikan perasaan depresi atau ketakutan.

Setiap buku bagus tentang yoga akan menggambarkan berbagai asana dan menceritakan bagaimana manfaat dari masing-masing gerakan yoga tersebut.

Sobat bahkan mungkin pernah melakukan latihan yoga handstand atau roda. Banyak program latihan yang diadaptasi dari yoga.

Gerakan Cara Melakukan Yoga Untuk Ibu Hamil Agar Sehat

Banyak cara melakukan yoga pada masa-masa kehamilan.

Berbagai gerakan-gerakan yoga yang aman bagi ibu hamil untuk meringankan otak yang terasa kaku, rasa tegang dan pegal-pegal yang sangat sering dialami.

Pastinya hal tersebut sangatlah mengganggu kenyamanan aktifitas ibu hamil.

Untuk mengatasinya Sobat bisa melakukan relaksasi melalui latihan pernafasan yoga.

Manfaat senam yoga untuk ibu hamil ini adalah untuk mengatasi nyeri pinggang, sesak nafas dan keluhan-keluhan yang lainnya yang di rasakan pada saat masa kehamilan.

Senam yoga ibu hamil ini bisa dilakukan dengan cara mengambil posisi duduk bersila atau berbaring senyaman mungkin, bersikap santai, pejamkan mata dan relaksasikan otot-otot pinggang, punggung hingga otot kaki Sobat.

Bernafaslah melalui hidung, tarik dan hembuskan secara perlahan.

Sembari melakukan hal tersebut, tegapkan punggung Sobat. Sehingga perut Sobat seolah-olah terdorong ke depan dan tahan sampai hitungan ke empat.

Biarkan otot pundak dan leher Sobat rileks. Setelah itu hembuskan nafas dengan tenang dan secara perlahan.

Ulangilah hal tersebut secara rutin setiap hari, lakukan selama 10 menit atau sampai Sobat merasa lebih nyaman.

Latihan tersebut sangat baik dilakukan untuk ibu hamil, karena selain mengatasi keluhan seperti rasa tegang, otot kaku dan pegal-pegal, Sobat juga akan merasa lebih bugar, lebih sehat dan juga lebih kuat.
senam ibu hamil gerakan yoga dasar
Dan apabila dengan melakukan cara tersebut Sobat kurang puas dan ingin melakukan gerakan yoga yang lebih fokus agar hasilnya lebih maksimal, maka Sobat bisa mencoba cara melakukan gerakan yoga yang akan kami jelaskan berikut ini:

4 Cara melakukan yoga untuk ibu hamil.

1. Gerakan yoga dengan posisi bersila
Lakukanlah gerakan dengan posisi bersila, letakkan kedua tangan Sobat pada sisi badan dengan siku yang lurus.

Setelah itu angkatlah kedua tangan Sobat dari samping ke arah kepala hingga jari-jari kedua tangan Sobat saling bertemu sembari menarik napas secara perlahan.

Kemudian turunkan tangan Sobat ke bagian depan sambil menghembuskan nafas secara perlahan.

Gerakan ini memberikan manfaat untuk melatih kekuatan otot lengan, melenturkan sendi pundak, menenangkan perasaan dan menimbulkan perasaan yang nyaman dan juga tenang.

2. Gerakan yoga dengan posisi merangkak
Posisikanlah tubuh Sobat seperti orang merangkak dengan siku tangan yang lurus. Arahkan pandangan Sobat ke depan dengan posisi punggung yang lurus.

Tariklah nafas sembari melengkungkan punggung Sobat ke atas secara perlahan, setelah beberapa detik hembuskan nafas dan kembalikan posisi punggung hingga lurus kembali seperti semula.

Gerakan yoga dengan posisi merangkak ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan ketegangan, meringankan beban perut, menguatkan rahim dan menghilangkan pegal-pegal pada tubuh Sobat.

3. Gerakan yoga dengan posisi berbaring
Gerakan yoga yang bisa Sobat lakukan selanjutnya adalah dengan cara posisi berbaring.

Ambil posisi berbaring dan tempelkan kedua kaki Sobat di dinding, letakkan kedua tangan di samping tubuh Sobat dengan posisi telapak tangan yang terbuka.

Tariklah nafas sembari mengangkat panggul Sobat dari lantai atau matras yang Sobat gunakan. Kemudian hembuskan nafas sambil menurunkan kedua kaki Sobat secara perlahan.
tips pose yoga ibu hamil
Gerakan yoga dengan posisi berbaring ini sangat bermanfaat untuk mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan, memberikan rasa rileks dan membantu mengurangi rasa pegal yang diakibatkan oleh bertambahnya berat badan Sobat selama masa kehamilan.

4. Gerakan dengan bersandar di tembok
Gerakan yang bisa Sobat coba selanjutnya adalah gerakan dengan bersandar di tembok.

Sobat hanya perlu menyandarkan tubuh Sobat di tembok kemudian geser badan Sobat ke arah bawah.

Tahan posisi tersebut selama 4 sampai 5 detik kemudian posisikanlah tubuh Sobat seperti semula. Ulangi cara ini hingga Sobat merasa rileks.
Artikel menarik lainnya:
Makanan sehat untuk ibu hamil dan janin
Lakukanlah 4 cara yang sudah kami jelaskan di atas jika Sobat ingin mengurangi atau meghilangkan rasa pegal dan nyeri yang timbul saat masa kehamilan terjadi.

Perhatikanlah baik-baik cara melakukannya dan berhati-hatilah agar aman bagi janin Sobat dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikianlah informasi tentang cara melakukan yoga untuk ibu hamil yang dapat kami sampaikan kepada Sobat.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan Sobat tentang cara melakukan senam yoga yang benar serta cara menguragi rasa nyeri dan pegal yang dialami oleh ibu hamil. Salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel