6 Penyebab Program Fitnes Yang Anda Lakukan Gagal

Penyebab Program Fitnes Yang Anda Lakukan Gagal - Fitnes merupakan kegiatan olahraga pembentukan otot-otot tubuh atau fisik yang dilakukan secara rutin dan berkala oleh seseorang yang bertujuan untuk menjaga fitalitas tubuh dan berlatih kedisiplinan.

Tidak semua orang berhasil melakukan olahraga fitnes dengan baik, karena kebanyakan dari mereka belum tahu apa saja hal-hal yang bisa membuat program fitnes mereka gagal.

Berikut ini kami akan membahas tentang penyebab program fitnes yang Sobat lakukan gagal.
penyebab-gagal-menurunkan-berat-badan

Inilah 6 Penyebab Program Fitnes yang Anda Lakukan Gagal

  1. Cara dan teknik latihan yang salah
Teknik atau cara latihan yang salah bisa menjadi hambatan awal yang membuat Sobat gagal dalam menjalani program fitnes.

Contoh cara latihan yang salah adalah Sobat melakukan repetisi latihan yang tidak teratur, terburu atau terlalu cepat karena ingin segera mendapatkan tubuh yang atletis dan ideal.

Juga kesalahan dalam melakukan pernafasan saat berolahraga terutama saat latihan angkat beban bisa mengakibatkan hemoroid alias wasir.

Pernafasan yang benar ketika angakat beban adalah menghembuskan nafas ketika mengangkat beban dan menarik nafas ketika menurunkan beban.

Banyak para pemula terbalik dalam melakukan pernafasan. Jadi untuk menghindari kesalahan tersebut, sebaiknya awali dengan menarik nafas sebelum mulai mengangkat beban.

Dan sebaiknya apabila Sobat ingin mendapatkan teknik latihan program fitnes yang tepat maka carilah informasi yang sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber tentang melakukan teknik latihan fitnes yang baik dan benar. Bila perlu mintalah petunjuk pada instruktur di gym.

  1. Latihan yang selalu sama tanpa ada peningkatan
Apabila Sobat melakukan latihan yang sama secara terus menerus tanpa adanya peningkatan latihan, maka wajar jika Sobat tidak berhasil melakukan fitnes dengan benar.

Lakukanlah latihan mulai dari yang ringan dan mudah untuk permulaan, kemudian lanjutkan bertahap ke latihan yang lebih berat.

Dengan begitu kemungkinan besar Sobat akan berhasil menjalani program fitnes dengan baik

Akan tetapi perlu diingat bahwa Sobat jangan terlalu memaksakan diri di awal-awal fitnes untuk berlatih dengan beban yang berat, apalagi bagi yang belum pernah berlatih di pusat kebugaran.

Karena jika tubuh Sobat tidak kuat namun tetap Sobat paksa, maka otot tubuh Sobat akan mengalami kelelahan bahkan cedera dan malah membahayakan kesehatan diri Sobat.
penyebab-gagal-fitnes
  1. Tidak melakukan latihan kardio
Tidak melakukan latihan kardio bisa membuat program fitnes yang Sobat lakukan gagal. Jika Sobat melakukan program fitnes untuk membuat lemak di perut Sobat menghilang, maka sebaiknya Sobat juga melakukan program kardio secara teratur.

Salah satu program kardio yang mudah, efektif dan bisa Sobat lakukan di mana saja adalah lari sembari mengatur napas.
    Contohnya:
  • Lakukan pemanasan dengan lari-lari kecil atau jogging selama kurang lebih 5 menit.
  • Setelah itu, lari dengan sekuat tenaga Sobat selama 15 detik saja.
  • Lalu lakukan jalan cepat selama 10 detik.
  • Kemudian larilah sekuat tenaga selama 15 detik.
  • Lakukan cara diatas seterusnya selama 4 hingga 5 kali dan lakukan secara teratur.
Jika tidak ada tempat yang luas untuk melakukan contoh di atas, Sobat bisa melakukannya di tempat. Seperti jalan di tempat, lari di tempat dan lari cepat di tempat.
  1. Kurang tidur
Kurang tidur dapat membuat program fitnes Sobat menjadi gagal. Karena kurang tidur dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh Sobat, mempengaruhi gula darah dan meningkatkan nafsu makan Sobat.

Berdasarkan penelitian, orang yang tidurnya kurang dari 6 jam perhari memiliki resiko kelebihan berat badan 27% dari yang tidur cukup selama 7 hingga 9 jam perhari.

Dengan begitu percuma saja jika Sobat melakukan program fitnes tetapi Sobat sering begadang atau kurang tidur.

  1. Rasa stres
Stres tentu akan menjadi halangan bagi Sobat dalam melakukan program fitnes dengan baik. Stres dapat mempengaruhi tubuh dalam memproduksi hormon kortisol yang memberikan dampak terhadap berat badan juga lemak di perut.

Sebaiknya kendalikan pikiran Sobat jika Sobat ingin berhasil dalam melakukan program fitnes yang sudah Sobat lakukan.

  1. Kesalahan pada program diet
Kesalahan pada program diet yang dilakukan tentu menjadi hambatan dalam mencapai tujuan yang sudah dilakukan dengan cara program fitnes. Cobalah untuk mengurangi konsumsi asupan kalori, gula dan makanan berlemak.

Ubahlah makanan tersebut dengan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi misalnya dada ayam, ikan, susu, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan kedelai.

Dan jangan lupa tambahkan buah dan sayuran sebagai sumber mineral dan juga vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh Sobat.
penyebab-gagal-diet
Berdasarkan beberapa penyebab gagalnya program fitnes di atas, Sobat harus menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, membenahi teknik latihan hingga benar dan menjalankan diet yang tepat.

Lakukan program fitnes sesuai dengan prosedur dan hindari segala larangannya jika Sobat ingin berhasil dalam menjalankan program fitnes Sobat.
Baca juga: 6 Cara Cepat Membakar Lemak Perut Buncit Secara Alami
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Program Fitnes Yang Anda Lakukan Gagal kepada Sobat. Semoga informasi tersebut bisa membantu Sobat dalam melakukan program fitnes yang baik dan benar. Salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel