Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Janin

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil - Hampir setiap wanita dianugerahi dengan kemampuan untuk melahirkan seorang anak, setidaknya sekali seumur hidupnya. Hal ini dianggap sebagai salah satu karunia terbesar yang bisa diberikan oleh seorang wanita kepada suaminya.
Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Janin

Hadirnya seorang anak akan membuat pasangan keluarga lebih harmonis dan bahagia. Dan pada titik tertentu dalam kehidupan mereka. Mereka benar-benar dapat menyebut diri mereka sebagai keluarga karena telah dilengkapi dengan seorang anak.

Setelah mengetahui bahwa sang istri tersebut sedang hamil, kebanyakan pasangan dengan antusias mulai merencanakan kehamilannya sampai akhirnya melahirkan.

Pentingnya kesiapan fisik saat hamil

Saat membicarakan kehamilan, penting untuk mengetahui tentang masalah prakonsepsi mengenai kelahiran. Pemeriksaan rutin dengan dokter atau bidan akan sangat disarankan kepada wanita tersebut untuk menghadapi fakta saat persalinan.

Persiapan fisik sangat dibutuhkan untuk melahirkan, karena ini benar-benar bisa mengubah fungsi normal tubuh wanita.

Saat mempersiapkan kehamilan, pasangan harus cukup percaya diri untuk mengetahui cara menangani anak. Pengetahuan tentang gejala awal kehamilan juga penting karena ini adalah tanda bahwa melahirkan akan terjadi pada waktunya.

Ketika pasangan merasa bahwa mereka sudah siap, maka kunjungan ke dokter kandungan/ginekolog (OBGYN) akan membantu mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang kehamilan.

Kecemasan sering dirasakan oleh wanita saat mereka tahu bahwa mereka sedang hamil. Perasaan khawatir dan ketegangan adalah tanda biasa yang menunjukkan bahwa dia cemas saat melahirkan.

Tapi dengan menghabiskan waktu dengan suami anda, melakukan kunjungan rutin ke OBGYN, menemukan waktu untuk beristirahat dan bersantai, dengan olahraga yang baik, kegelisahan seharusnya tidak menjadi masalah sama sekali.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Mudah Melahirkan

Kesehatan dan perkembangan bayi yang ada dalam kandungan tergantung pada nutrisi yang anda konsumsi saat kehamilan berlangsung. Cermatilah dalam memilih makanan sehat untuk ibu hamil agar anda dan janin yang sedang anda kandung tetap dalam keadaan sehat.

Saat sedang keadaan hamil, sebenarnya anda tidak perlu makan terlalu berlebihan seakan-akan anda menyediaan makanan untuk dua orang (anda dan bayi anda).

Pada kenyataannya anda hanya perlu menambah sekitar 300 kalori tambahan untuk janin anda, yaitu setara dengan semangkok sereal dengan susu rendah lemak dan sebuah pisang.

Hanya saja anda perlu mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi ini dari berbagai jenis makanan yang berbeda, contohnya asam folat berperan untuk menghindari cacat bawaan, zat besi untuk membantu sel darah merah membawa oksigen pada janin, dan kalsium serta protein untuk membantu tulang dan jaringan tubuh bayi.
Berikut ini adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa anda konsumsi:

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas
Minum Air Putih yang Banyak
Minum air dengan cukup dapat mencegah bayi lahir premature, konstipasi, hemoroid, pembengkakan berlebihan dan infeksi kandung kemih. Saat masa kehamilan berlagsung anda disarankan untuk mengkonsumsi 10 gelas air perhari (2,5 liter).

Anda juga bisa mendapatkan cairan dari makanan yang anda konsumsi seperti buah-buahan dengan kadar air yang tinggi, susu atau jus. Akan tetapi perlu anda ingat bahwa beberapa minuman seperti minuman ringan dengan kadar gula yang tinggi akan bisa menyebabkan kenaikan berat badan atau hipertensi.

Sayur dan Buah
Sayur dan buah merupakan komponen utama pola makan sehat bagi ibu hamil. Disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 5 porsi sayur dan buah-buahan yang berbeda setiap hari agar mendapatkan berbagai vitamin, mineral dan juga serat.

Sayuran hijau seperti kale dan bayam mengandung banyak vitamin A, K,C dan asam folat yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, sehingga anda sebaiknya mengkonsumsinya secara teratur agar kesehatan anda dan bayi anda terjamin. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya dalam takaran yang pas.

Telur, Ikan dan Daging Tanpa Lemak
Makanan seperti telur, ikan dan daging tanpa lema ini kaya akan kandungan protein yang sangat penting untuk pertumbuhan janin terutama pada trismester kedua dan trimester ketiga.

Telur juga kaya akan kandungan kolin yang mendukung perkembangan otak dan tubuh janin, juga membantu mengurani resiko cacat saraf. Sementara ikan salmon kaya akan omega 3 yang sangat berguna untuk menjaga mood ibu hamil dan juga perkembangan janin.

Meski begitu untuk menghindari paparan merkuri sebaiknya anda tida mengkonsumsi ikan salmon lebih dari 340 gram dalam satu minggu.

Selain itu daging tanpa lemak juga merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi, akan tetapi sebaiknya hindari daging olahan seperti sosis yang mungkin mengandung parasit atau bakteri.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan berperan sangat penting dalam mencukupi kebutuhan serat ibu hamil, sehingga mencegah hemoroid dan konstipasi. Selain itu, kelompok makanan ini kaya akan zat besi, kalsium, folat, dan seng.

Makanan Sumber Karbohidrat
Gandum utuh mengandung banyak nutrisi, serta vitamin E dan selenium yang baik untuk perkembangan janin. Bahan ini juga bisa anda dapatkan antara lain dalam oatmeal, pasta, roti gandum, dan juga nasi merah.
Makanan yang Harus Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil
Susu Segar
Susu dan produk olahan susu lainnya seperti yogurt kaya akan kalsium yang dapat membantu pembentukan tulang bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu. Sebaikya anda mengkonsumsi susu secara teratur, dan pilihlah susu khusus ibu hamil yang terpercaya agar anda dan kandungan anda bisa sehat selalu.

Suplemen
Meskipun anda sudah mengkonsumsi berbagai jenis makanan, mungkin saja anda belum mendapatkan nutrisi tertentu. Untuk itu suplemen vitamin sangat membantu anda untuk mencukupinya, dan sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dalam memilih suplemen yang akan dikonsumsi.
Simak lebih detail: 17 Macam Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi
Demikianlah informasi tentang menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda dan juga bisa membantu menjaga kesehatan janin yang sedang anda kandung. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel