Manfaat Jogging di Pagi dan Sore Hari untuk Kesehatan

Manfaat Jogging di Pagi dan Sore Hari - Jogging bisa dikatakan adalah jalan cepat atau lari-lari kecil untuk menyerap oksigen serta memfungsikan jantung agar bekerja lebih cepat dari biasanya. Anda bisa lakukan Jogging baik pada pagi hari dan juga sore hari.

Jogging merupakan aktifitas yang disukai banyak orang. Karena selain sangat menyenangkan olahraga ini juga sangat mudah, murah dan bisa dilakukan di mana saja. Sehingga dapat menjadi bagian dari hiburan ketimbang harus bermalas-malasan di rumah serta menyehatkan badan.
Manfaat Jogging di Pagi dan Sore Hari

Ketika anda ingin ber-jogging ria, sebenarnya tak ada yang perlu dipersiapkan secara khusus tetapi anda harus memperhatikan hal-hal kecil seperti; apabila anda akan melakukan jogging di pagi hari usahakan untuk sarapan terlebih dahulu.

Tapi perlu diingat, jangan sarapan dan minum air putih terlalu banyak, secukupnya saja.

Juga sebaiknya gunakan pakaian khusus untuk olahraga, seperti kaos dan juga training. Dan yang terpenting adalah nyaman digunakan saat berlari.

Manfaat Jogging Pagi dan Jogging Sore Hari Bagi Kesehatan


Sebaiknya jogging itu berapa lama sih?


Untuk menentukan berapa lama waktu jogging yang harus anda lakukan adalah sebaiknya tidak usah berlama-lama. Yang terpenting adalah anda telah mengeluarkan keringat yang membantu mengeluarkan toxin dari dalam tubuh.

Meskipun sebentar, namun jika dilakukan secara teratur dan berturut-turut anda pasti akan mendapatkan hasil tubuh yang sehat maksimal.

Lalu apa saja manfaat jogging di pagi hari dan sore hari?


Manfaat jogging pada pagi hari sangatlah banyak, diantaranya yaitu untuk menambah kesegaran tubuh kita karena udara bersih yang kita hirup cukup berdampak pada kesehatan kita. Di samping itu, paparan sinar matahari pagi memberikan vitamin D yang dibutuhkan tubuh kita. Hal itu turut menambah semangat dalam menjalankan aktifitas yang akan kita hadapi sehari-hari.

Sedangkan manfaat jogging di sore hari yaitu kita akan merasakan udara yang hangat. Karena pada sore hari matahari sudah tidak terlalu menyengat seperti pada siang hari. Suhu tubuh kita akan lebih cepat naik dan tubuh akan lebih banyak mengeluarkan keringat, hal itu sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh kita.
Manfaat Jogging Sore dan cara membakar lemak perut dengan cepat
Jogging juga memberikan manfaat lebih bagi kesehatan dan kecantikan wanita, terutama bagi wanita yang ingin membentuk atau menjaga tubuhnya agar langsing. Dengan catatan, jogging tersebut dilakukan dengan benar.

Selain itu, jogging pagi atau sore juga dapat melatih daya pikir agar lebih fokus. Ketika anda mendapat masalah maka anda akan lebih mudah fokus dan menjadi lebih cepat untuk menyingkirkan masalah.

Kenapa?

Karena setelah kita ber-jogging, pasokan oksigen dalam darah yang dibutuhkan oleh otak tercukupi dengan adanya sirkulasi darah yang lancar. Jadi manfaat jogging yang kita lakukan tidak hanya mendapatkan kekuatan fisik saja melainkan juga kita akan mendapatkan ketahanan mental.

Juga perlu anda ketahui...

Manfaat jogging pada pagi hari dan sore hari yaitu bisa membantu kita untuk memperbaiki sikap. Karena dengan melakukan jogging, tubuh akan memproduksi hormon endorphin yang akan memberi kita rasa senang dan ceria ketika melakukan aktifitas jogging ini.

Apalagi ketika jogging anda berpapasan dengan gebetan yang sedang jalan sama bundanya plus si doi menyapa sambil senyum-senyum. Pasti bukan ceria lagi namanya, tapi bahagia plus berbunga-bunga.

Jadi pada intinya, jogging baik yang dilakukan pada pagi maupun sore hari sama-sama memberi manfaat. Untuk manfaat lebih detilnya adalah sebagai berikut:

Manfaat Jogging Pagi dan Sore bagi kesehatan tubuh

  1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
  2. Mengontrol dan menjaga berat badan agar tetap ideal
  3. Dapat menjaga kesegaran badan
  4. Dapat menghindarkan kita dari penuaan dini
  5. Akan mencegah terjadinya sakit punggung dan penyakir tulang belakang
  6. Dapat memperkuat otot kita
  7. Menajamkan mata serta menjaga kesehatan mata
  8. Dapat menjernihkan pikiran
  9. Menguatkan otot dan membangun tulang yang kuat
  10. Menjaga jantung agar tetap sehat
  11. Menghindarkan serta mencegah kita dari kepikunan
  12. Mencegah terjadinya insomnia (menjadikan tidur anda lebih teratur)
  13. Mencegah agar tidak mudah terkenanya flu
  14. Mencegah kita dari penyakit asma
  15. Memperlancar peredaran darah
Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari jogging, bukan?

Tetapi kita juga harus memperhatikan hal-hal berikut agar terhindar dari cedera saat jogging dan juga terhindar dari rasa jenuh dan bosan:

Teknik dan cara Jogging yang baik dan benar


Pertama...

Memilih sepatu untuk jogging yang tepat (sepatu yang ringan) dan nyaman, supaya ketika kita melakukan jogging tubuh kita tidak cepat merasakan capek ataupun kelelahan pada bagian kaki kerena menahan "ketidaknyamanan" yang dirasakan oleh kaki.

Hal sepele tersebut bisa saja menimbulkan lecet pada kaki sehingga menimbulkan rasa malas untuk jogging.
Jogging sore hari cara membakar lemak di paha
Kedua...

Melakukan gerekan-gerakan stretching ringan sebagai bentuk pemanasan yang cukup sebelum melakukan jogging dan pendinginan setelah jogging.

Pemanasan tersebut bertujuan untuk menyesuaikan kinerja jantung dan untuk melemaskan otot-otot agar bersiap dan tidak terkejut ketika sewaktu-waktu anda ingin melakukan jogging dengan porsi yang lebih berat.

Kurangnya pemanasan itulah yang menyebabkan DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) alias nyeri otot yang dirasakan ketika bangun tidur keesokan paginya.
Baca juga: Meringankan DOMS atau Kelelahan Setelah Fitness
Ketiga...

Teknik dan posisi yang benar sewaktu melakukan jogging sore atau pagi.

Lalu, bagaimana posisi dan gerakan yang benar saat berlari?

Yang terpenting adalah ketika berlari jangan gunakan tumit sebagai tumpuan saat kaki mendarat, karena hal tersebut akan membebani sendi lutut dan bisa menyebabkan cedera pada pangkal paha atas anda.

Jadi posisikan tubuh anda sedikit condong ke depan sehingga secara otomatis kaki akan bertumpu pada telapak bagian tengah sampai ujung kaki ketika mendarat.

Juga perhatikan ayunan tangan ketika berlari. Usahakan agar ayunan tangan hanya ke depan dan ke belakang, jangan ke samping. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah agar mengetahui cara berlari yang benar.
teknik Jogging Sore dan cara berlari yang baik

Keempat...

Faktor kecepatan lari juga harus dijaga. Kita harus santai saat jogging pagi hari ataupun sore hari, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu pelan agar tidak mudah capek dan juga bosan.

Kelima...

Mengatur pernapasan dengan benar. Cara atau teknik mengatur pernapasan yang baik ketika melakukan jogging adalah dengan cara menghirup udara melalui hidung dan dihembuskan melalui mulut. Bernapaslah dengan rileks dan lembut sesuaikan dengan irama langkah berlari anda. Sehingga manfaat jogging tersebut bisa benar-benar bisa kita rasakan.

Keenam...

Sambil mendengarkan musik. Karena dengan mendengarkan musik yang kita sukai akan membuat tubuh kita menjadi lebih rileks. Sehingga cukup membantu menjaga mood kita selalu baik.

Ketujuh...

Motivasi yang kuat. Yups, motivasi apa yang ada dalam benak anda dalam menjalani aktivitas jogging? Apa hanya agar tetap atau lebih sehat? Atau demi menjaga tubuh agar terlihat lebih atletis dan lebih indah? Atau motivasi lainnya?

Maka dari itu motivasi sangatlah diperlukan, selain untuk hal-hal yang sudah disebutkan di atas juga untuk menjauhkan rasa jenuh agar selalu teratur menjalankan aktifitas jogging.

Baca Juga:

Itulah ulasan tentang manfaat jogging di pagi hari dan manfaat jogging sore hari. Kita juga bisa mendapatkan manfaat dalam segi psikologis terutama jika melakukannya di tempat yang sejuk dan tenang.

Kita akan mendapatkan waktu untuk berfikir sejenak tentang masalah yang kita dapati serta merenungkannya kembali untuk mencari jalan keluar denga fikiran dingin. Selamat ber-jogging ria dan Salam sehat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel