10 Manfaat Cahaya Matahari Pagi Untuk Kesehatan

Manfaat Cahaya Matahari Pagi Untuk Kesehatan - Sinar matahari merupakan salah satu karunia yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia di bumi. Salah satu manfaat energi Matahari adalah menjaga bumi supaya tetap hangat dan terhindar dari kebekuan.

Selain itu sinar matahari pagi juga mempunyai banyak sekali manfaatnya. Tidak hanya bagi alam dan tumbuhan, namun juga bagi kesehatan tubuh kita.

Bahkan energi Matahari ini dalam film superhero sampai dijadikan sumber untuk memulihkan kekuatannya. Hal tersebut merupakan sebagian kecil pesan dalam film tersebut dari sang pencipta karakter Superman, bahwa manfaat energi matahari bagi manusia dan juga alam sangatlah besar.
Manfaat Cahaya Matahari Pagi Bagi Kesehatan

Akan tetapi sebaiknya anda harus menghindari sinar matahari pada siang hari (jam 8 ke atas) karena sudah mulai mengandung sinar ultraviolet yang tidak baik bagi kesehatan kulit dan bisa menyebabkan kanker kulit. Berikut ini adalah 10 Manfaat Cahaya Matahari Pagi Untuk Kesehatan:

Manfaat Cahaya Matahari Pagi Untuk Kesehatan


1. Bemanfaat untuk kesehatan tulang

Sinar matahari memiliki kandungan vitamin D, sehingga sinar matahari baik untuk kesehatan tulang. Vitamin D dipercaya bisa menguatkan otot dan tulang di dalam tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

Penyakit ini banyak di alami oleh seseorang yang memiliki usia tua, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit osteoporosis ini menyerang orang dewasa karena gaya hidup mereka yang tidak sehat.

Jadi untuk menjaga kesehatan tulang, luangkanlah waktu anda sekitar 30 menit untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Dan alangkah baiknya dilakukan sembari berolah raga.

2. Bermanfaat untuk mencegah diabetes

Diabetes merupakan tingginya kadar gula dalam darah yang melebihi batas normal karena kinerja dari hormon insulin yang terganggu.

Pada umumnya diabetes terjadi karena gaya hidup yang salah dan jarang beraktifitas. Terlebih lagi biasanya orang yang terkena penyakit diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman yang manis, karena tingginya kadar gula dalam darah dapat mengakibatkan komplikasi terhadap penyakit yang lainnya.

Sinar Matahari pagi dipercaya bisa menurukan kadar gula dalam darah, jadi luangkanlah waktu anda untuk berjemur selama 30 menit di pagi hari secara teratur.

3. Bermanfaat untuk mencegah kanker

Kandungan vitamin D yang ada pada sinar matahari juga bisa mencegah penyakit kanker prostat dan kanker payudara. Cahaya Matahari pagi dapat meminimalkan kanker dan menjaga kesehatan tubuh dalam jangka waktu yang panjang.

Kanker merupakan pertumbuhan sel pada tubuh yang sudah tidak terkendali. Beberapa jenis penyakit kanker biasanya baru diketahui setelah memasuki stadium lanjut.

Jika sudah begitu maka pengobatannya akan semakin mahal dan sulit, bahkan kemungkinan untuk hidup akan semakin tipis karena telah digerogoti oleh sel kanker tersebut.

Sebenarnya kanker juga bisa dicegah dengan cara melakukan kebiasaan sehat sehari-hari. Salah satunya adalah menyerap vitamin dari cahaya Matahari pagi dan tidak lupa untuk berolahraga secara teratur, karena olahraga juga bisa mencegah terjadinya resiko kanker.

4. Bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah

Sinar matahari membantu melancarkan sirkulasi darah dengan cara membantu melebarkan pembuluh kapiler di dalam tubuh, sehingga kesehatan menjadi lebih baik karena lancarnya pertukaran oksigen, nutrisi dan zat lainnya bisa sampai ke jantung dengan lebih baik dan maksimal.

Lancarnya sirkulasi darah pada tubuh seseorang bisa menjadikan seseorang terlihat lebih bugar dan prima saat menjalankan aktifitasnya.
Manfaat Cahaya Matahari Pagi Atasi Depresi

5. Bermanfaat untuk mengatasi depresi

Depresi merupakan salah satu penyakit yang mengganggu kejiwaan seseorang. Orang yang mengalami depresi cenderung menjadi lebih mudah marah, sensitive dan lebih senang menyendiri.

Jika dibiarkan terus menerus, hidup orang yang mengalami depresi tersebut akan terancam karena mereka sudah tidak mempunyai tujuan hidup.

Selain dibawa ke pskiater untuk diterapi, depresi juga bisa dilakukan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi. Karena sinar Matahari pagi dapat merangsang kelenjar endorfin dalam tubuh dan bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang.

6. Bermanfaat meningkatkan sistem imunitas tubuh

Sistem kekebalan tubuh pada manusia memang berbeda-beda, tergantung dengan gaya hidup yang mereka jalani. Namun cobalah meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan cara yang alami, yaitu dengan menggunakan sinar matahari pagi.

Sistem kekebalan tubuh bisa meningkat disebabkan karena paparan sinar matahari pagi dapat membuat tubuh memproduksi sel darah putih menjadi lebih banyak dari yang sebelumnya.

7. Menjadikan tidur lebih nyenyak

Tidak semua orang bisa tidur dengan nyenyak, tetapi anda bisa mencoba beberapa cara untuk tidur dengan nyenyak. Salah satunya adalah dengan terapi berjemur di bawah matahari pagi kemudian pada saat tidur malam tidak menggunakan penerangan sedikitpun.
Simak ulasan lebih detail: Manfaat Jogging di Pagi dan Sore Hari
Terapi tersebut bisa menormalkan produksi senyawa melatonin di dalam tubuh sehingga anda bisa tidur dengan teratur dan nyenyak. Melatonin adalah hormon yang mengatur tidur dan terletak di dasar otak yang puncak produksinya pada jam 2-3 subuh.

8. Bermanfaat untuk sistem pencernaan lancar

Dengan berjemur di bawah Matahari pagi maka sistem pencernaan anda akan lebih lancar dan dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga lemak yang tersimpan di dalam tubuh dapat dibakar menjadi energy.

9. Bermanfaat untuk mengeluarkan racun

Racun yang ada di dalam tubuh bisa berasal dari makanan dan minuman yang anda konsumsi. Anda bisa mengeluarkan racun tersebut dengan cara berjemur di pagi hari dan minim yang cukup.

Sinar matahari pagi bisa meningkatkan fungsi hati yang bertugas untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh dan dibuang bersama urine.

10. Menjadi Lebih bahagia

Dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi anda akan merasa lebih bahagia karena sinar matahari yang mengenai kulit bisa meragsang senyawa serotonim dalam tubuh yang bisa membuat pikiran anda lebih rileks dan bahagia.

Karena hormon serotonin tersebut yang mengatur turut gairah dan keceriaan hari-hari anda.
Manfaat Cahaya Matahari Pagi Untuk Kebahagiaan
Demikianlah informasi tentang 10 Manfaat Cahaya Matahari Pagi Untuk Kesehatan yang dapat kami sampaikan kepada anda.
Manfaatkanlah energi Matahari yang baik bagi alam dan kesehatan tersebut sebaik-baiknya. Karena energi tersebut disediakan oleh Tuhan gratis untuk anda semua. Semoga bermanfaat, stay fit and healthy.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel