17 Makanan Mengandung Serat Tinggi Untuk Diet

Makanan Mengandung Serat Tinggi - Makanan adalah sumber energy, protein, dan mineral yang bisa tubuh gunakan untuk melakukan berbagai aktifitas.

Banyak kategori makanan yang ada, tetapi bagi masyakarat Indonesia yang kebanyakan harus bekerja keras lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi.

Kenapa harus makanan mengandung serat tinggi? Hal ini dikarenakan serat dari makanan tidak bisa diserap oleh tubuh sehingga ia tidak akan menghasilakan energi atau kalori. Serat yang masih jenis dari karbohidrat ini akan dibawa oleh usus halus menuju usus besar.

Sehingga bagi Sobat yang mengalami wasir sebaiknya mengkonsumsi makanan berserat tinggi untuk mengatasi wasir.

Serat sendiri ada 2, yaitu serat yang mudah larut dan serat yang tidak larut. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, untuk serat larut akan lebih mudah dicerna dalam tubuh sehingga bisa mengikat lemak yang berasal dari makanan lalu membuangnya.

Makanan Mengandung Serat Tinggi
Jenis-jenis Makanan Mengandung Serat Tinggi
Sedangkan serat yang tidak larut akan tetap utuh dan dikeluarkan dari dalam tubuh, hal inilah yang akan membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lama dan biasanya berguna untuk diet.
Lalu makanan apa saja yang mengandung serat tinggi? Simak ulasannya berikut ini:

Macam-macam Makanan Mengandung Serat Tinggi

  • Apel
Apel adalah buah-buahan yang mengandung banyak serat yang larut dalam air, asam organic dan kalium. Sumber serat yang bisa didapat dari buah apel ini tidak hanya dari daging buahnya saja, tetapi kulitnya juga.

Karena itulah ketika makan apel tidak perlu membuang kulitnya, karena kulitnya juga enak dan baik untuk kesehatan.

Biasanya apel berukuran sedang mengandung sekitar 4,4 gram serat. Selain tinggi serat, ternyata apel juga memiliki khasiat untuk menstabilkan tekanan darah. Sedangkan kulitnya mengandung pectin yang bisa membersihkan racun dalam tubuh, menyerap kelebihan air dalam usus, melunakkan fases, mencegah karang gusi, menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan HDL.

  • Pisang
Buah pisang mengandung 0,6 gram serat per 100 gram daging buahnya, selain itu ia juga mengandung vitamin A, vitamin C, fosfor, dan zat besi. Oleh karena itulah pisang bisa menambah energy dan meningkatkan kesehatan pencernaan Sobat.

Ada banyak manfaat pisang, seperti mengurangi kadar asam lambung, mengobati gangguan lambung, mengobati penyakit jantung, menurunkan kolesterol, menurunkan demam, hingga menurunkan tekanan darah.

  • Alpukat
Buah alpukat ini tidak hanya mengandung vitamin dan asam lemak saja, tetapi juga jenis makanan mengandung serat tinggi. Setiap 2 sendok makan porsi alpukat mengandung 2 gram serat, sedangkan untuk keseluruhan dagingnya mengandung sekitar 10 gram serat.

Alpukat ini adalah sumber serat lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Alpukat bermanfaat untuk mengatasi penyakit kurang darah, menambah kecantikan, dan regenerasi sel darah merah. Tetapi alpukat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menyebabkan kegemukan.

  • Pepaya
Pepaya adalah buah yang bisa melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme sehingga akan terhindar dari sembelit. Enzim papain yang ada di dalamnya juga bisa memecah makanan yang mengandung protein sehingga terbentuklah asam amino yang bisa menghilangkan substansi yang terjadi karena pencernaan yang tidak sempurna.

Kandungan seratnya sekitar 1,3 per 100 gram bahannya, sehingga buah yang satu ini juga memiliki serat yang tinggi juga. Selain itu, ternyata kandungan vitamin di dalamnya juga banyak, di antaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, karbohidrat dan magnesium.

  • Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan makanan yang mengandung serat tinggi juga. Serat yang ada di dalamnya termasuk serat larut air sehingga mudah dibuang. Jika Sobat ingin memiliki tubuh yang idealis dan langsing, Sobat bisa memakan kacang-kacangan sebagai menu harian untuk diet Sobat.

Sebagai contohnya adalah setiap satu ons kacang almond memiliki kandunga fiber rata-rata 3.5 gram.

Juga kacang kapri belah dua (split peas) dan kacang polong atau biasa disebut ercis memiliki rata-rata 7-10 gram fiber dalam setiap satu cangkirnya.

Menurut para ahli, serat dari kacang hitam dan kacang merah adalah serat terbaik dari jenis kacang-kacangan lainnya. Per 1 cangkir penyajian akan memberikan sekitar 15 gram serat lebih.

Kacang-kacangan yang bisa Sobat konsumsi lainnya adalah kacang putih.

  • Wortel
Tumbuhan yang satu ini merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung karbohidrat. Selain itu wortel juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan serat pada tubuh kita. Percaya atau tidak wortel bisa membuat perut merasa lebih kenyang ketika dikonsumsi dibanding ketika mengkonsumsi pretzel.

Satu wortel ukuran kecil mengandung serat rata-rata 1.4 gram fiber di dalamnya. Selain itu wortel juga kaya akan beta-karoten alias vitamin A yang bisa mempertajam pengelihatan mata dan mencegah katarak karena wortel termasuk antioksidan yang baik untuk penyakit mata.

Sobat pun bisa menjadikan wortel sebagai jus yang sangat menyegarkan, sehingga jus wortel bisa menjadi minuman berserat yang sangat menyehatkan

  • Buah berry
Berry banyak sekali macamnya dan yang paling kaya manfaat adalah buah raspberry. Serat yang terkandung dalam buah ini cukup tinggi sehingga bisa digunakan bagi yang sedang menjalani diet untuk mengontrol rasa lapar.

Kadar serat yang terkandung dalam buah ini sekitar 8 gram per-satu cangkinya. Selain kadar kandungan vitamin C yang tinggi, menurut penelitian buah ini bisa meningkatkan kesuburan pada pria.

Jadi bagi para ayah yang kesulitan mendapat momongan sebaiknya mengkonsumsi buah ini agar secepatnya memiliki putra-putri yang diidam-idamkan.

  • Oat
Dengan 5 gram serat dalam setiap penyajian, rasanya sayang jika makanan ini dilewatkan bagi Sobat yang sedang diet. Di samping kaya akan serat, oat berfungsi untuk menyerap kolesterol dalam tubuh. Sehingga berat badan Sobat turun dan tubuh Sobat menjadi semakin lebih sehat dan lebih ramping.

Mungkin bagi yang tidak biasa makan oat akan tidak menyukai rasa dari makanan yang satu ini. Rasanya yang hambar dan lama-lama terasa enag membuatnya tidak disukai. Namun di luaran sana banyak resep yang bisa digunakan untuk menjadikan oat sebagai santapan yang nikmat.

17 Cemilan atau Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi

  • Beras coklat
Beras coklat termasuk makanan mengandung serat tinggi yang tidak larut. Sangat menyehatkan sistem pencernaan dibandingkan dengan beras putih yang telah banyak kehilangan zat aktif dan vitamin yang ikut terbuang ketika diproses.

Jadi untuk mencegah sembelit, beras coklat lebih bisa diandalkan daripada beras putih. Karena kandungan serat dalam secangkir beras coklat adalah dua kali banyaknya dari jumlah serat di dalam beras putih yang kesemuanya sudah dinanak.

  • Pir
Saat ini siapapun pasti tahu buah pir. Buah yang terkenal dengan kelezatannya ini memang bisa membuat perut terasa kenyang meskipun hanya memakan satu buah pir ukuran sedang.

Bagaimana tidak, dalam 100 gram buah pir terdapat sekitar 3 gram kadar serat. Jadi dalam satu buah pir terdapat kadar sekitar 5-7 gram serat.

Masih banyak khasiat lain dari buah pir ini. Salah satunya adalah bisa mempercantik kulit Sobat, dengan catatan Sobat memakan buah pir tersebut bersama dengan kulitnya. Karena di kulit buah pir itulah semua kandungan nutrisi terkumpul.

Dan mulai sekarang bagi siapa saja yang lebih suka mengupas kulitnya ketika mengkonsumsi buah tersebut. Sebaiknya rubah kebiasaan tersebut agar mendapatkan semua nutrisi dari buah pir.

  • Kurma
Makanan khas bulan Ramadhan ini meskipun kecil namun merupakan makanan yang mengandung serat tinggi, yaitu rata-rata 1.6 gram perbijinya. Maka dari itu sebaiknya Sobat mengkonsumsi buah ini setiap hari untuk memenuhi kebutuhan serat pada tubuh Sobat.

Untuk ciri-ciri kurma yang bagus adalah seperti madu, yang mana lalat tidak mau mendekat dan tidak dikerumuni oleh semut.

Memang buah yang banyak tumbuh di negara-negara Arab dan Afrika ini harganya sedikit mahal. Dan bagi pecinta kopi, sebaiknya jangan buang biji kurma karena Sobat bisa gunakan sebagai pengganti bubuk kopi.

Prosesnya sama seperti ketika membuat kopi yaitu biji dicuci bersih lalu dikeringkan di bawah sinar Matahari. Setelah kering, biji disangrai (digoreng tanpa minyak) sampai menghitam pekat, kemudian ditumbuk sampai lembut. Barulah bisa Sobat nikmati minuman biji kurma tersebut.

Kurma juga makanan berserat tinggi untuk ibu hamil juga lho. Baca ulasan manfaat kurma pada artikel manfaat kurma bagi kesehatan ini
  • Popcorn
Ketika menonton sebuah film ke bioskop mungkin makanan yang satu ini jadi menu wajib yang harus dibawa. Juga kebanyakan dari kita banyak yang menaggap popcorn cuma cemilan biasa.

Jangan salah, popcorn ternyata termasuk makanan yang mengandung serat tinggi. Bayangkan saja dalam 100 gram popcorn memiliki kadar rata-rata 13 gram serat. Banyak sekali bukan?

  • Labu biji/labu manis
Labu ini bukan hanya memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, tapi satu cangkir labu yang dihaluskan memiliki kadar serat sebanyak 6 gram.

Ditambah lagi labu ini merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Satu buah labu biji bisa mencukupi 20 persen kebutuhan vitamin C harian Sobat untuk menguatkan kekebalan tubuh.

  • Ubi jalar
Ubi jalar adalah termasuk makanan yang mengandung serat tinggi. Dalam setiap 100 gram ubi jalar terdapat sekitar 3 gram serat.

Maka dari itu Sobat bisa menggunakannnya sebagai sarapan harian karena setelah Sobat memakan 2 atau 3 buah ubi jalar ukuran sedang pasti dijamin langsung kenyang.

Juga Sobat bisa menggunakannya sebagai cemilan yang dimasak dengan berbagai macam variasi.
Macam Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi

  • Parsnip
Nama tanaman parsnip mungkin tak begitu familiar di telinga orang Indonesia, namun tanaman yang masih satu keluarga dengan wortel ini patut untuk diketahui. Parsnip merupakan tanaman mirip seperti wortel namun memiliki rasa yang manis dan berwarna kuning pucat.

Parsnip bisa langsung dimakan ataupun diolah dan dijadikan campuran masakan. Kandungan serat dalam tanaman ini sangatlah tinggi. Dari 100 gramnya saja terdapat kandungan sekitar 5 gram serat dan dalam satu cangkir parsnip yang dipotong kecil terdapat rata-rata 7 gram serat.

Jadi parsnip ini bisa di gunakan untuk menghilangkan rasa lapar bagi Sobat yang menjalani diet.

  • Jeruk
Setiap orang pasti menyukai yang namanya jeruk. Selain rasanya yang manis dan lezat, jeruk juga memiliki manfaat yang banyak. Serat yang terkandung dalam buah jeruk cukup tinggi.

Memang, pisang memiliki kelebihan dengan kandungan serat yang tinggi. Namun jeruk ukuran sedang hampir menyamai kadar serat dari pisang yang sama-sama ukuran sedang. Dan pastinya Sobat yang sedang menjalani diet takkan melewatkan menu yang satu ini.

  • Roti gandum utuh
Satu potongan roti gandum utuh yang benar-benar berbahan dari biji gandum utuh dengan tekstur sedikit kasar yang mengandung serat sekitar 5 sampai 6 gram. Di samping itu, roti gandum utuh juga bebas kolesterol dan rendah lemak.

Jadi roti gandum utuh sangat baik digunakan untuk sarapan bagi yang menjalani diet, karena banyak mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Namun hati-hati dalam mengkonsumsi roti gandum utuh ini.

Sobat dianjurkan mengkonsumsinya tidak lebih dari 3 sampai 4 helai potongan roti perhari, karena terdapat bahan dari ragi yang memiliki asupan sodium yang tidak baik bagi tubuh jika terlalu berlebihan.
Bagaimana, apakah Sobat tertarik untuk mengkonsumsi macam-macam makanan mengandung serat tinggi setiap hari untuk menu diet sehat Sobat? Semoga berhasil bergaya hidup sehat dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel